Breaking News:

Berita Sungailiat

Pengadilan Tinggi Babel Bebaskan 6 Warga Kenanga, Heti Akan Terus Lawan Pencemaran Udara dari PT BAA

Pengadilan Tinggi Bangka Belitung membebaskan enam warga Kampung Kenanga, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka yang berselisih dengan PT. BAA.

Penulis: deddy_marjaya | Editor: El Tjandring
istimewa
Sidang 6 Warga Kenanga beberapa waktu lalu. Hasil Banding, Pengadilan Tinggi Bangka Belitung membebaskan keenam warga Kenanga. 

BANGKAPOS.COM, BANGKAPengadilan Tinggi Bangka Belitung membebaskan enam warga Kampung Kenanga, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka yang berselisih dengan PT. BAA.

Keenam warga sebelumnya mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi Bangka atas putusan Pengadilan Negeri Sungailiat yang menyatakan mereka bersalah.

Berdasarkan surat Putusan Pengadilan Tinggi Bangka Belitung melalui putusannya No:21/Pid/2021/PT BBL dibebaskan atas segala tuntutan dan memulihkan hak para Terdakwa dalam kemampuan, kedudukan, harkat dan martabatnya.

"Hari ini kita resmi telah menerima putusan pengadilan tinggi, bahagia sekali karena kebenaran dan keadilan telah ditegakkan dan diberikan kepada Warga Kenanga sebagai Pejuang Lingkungan hidup atas pencemaran lingkungan (bau busuk) dari pabrik PT. BAA," kata Kombes Pol Purn Dr Zaidan, Selasa (18/5/2021).

Menurut Zaidan, putusan Pengadilan Tinggi ini seharusnya menjadi rujukan dan yurisprudensi untuk seluruh pengadilan yang saat ini atau kedepan memeriksa dan memutus perkara pejuang lingkungan.

Zaidan menyebut, putusan ini wajib menjadi pertimbangan bagi jaksa dan penyidik untuk lebih hati-hati dalam melakukan penegakan hukum jangan sampai nuansa kriminalisasinya lebih kuat dari pada tujuan penegakan hukum itu sendiri.

"Kita ucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada majelis hakim pengadilan tinggi semoga Alllah SWT membalasnya dengan pahala yang tiada terputus," kata Zaidan dari Kantor Hukum Zaidan&Partners.

Atas putusan pengadilan tinggi Bangka Belitung ini Zaidan bersama timnya terdiri dari Muhnur, SH dan Lenny, SH. meminta Pengadilan Negeri Sungailiat segera untuk memulihkan harkat, martabat dan kedudukan warga Kenanga seperti semula.

Hal ini sehubungan dengan; Putusan Pengadilan Tinggi Bangka Belitung melalui putusannya No:21/Pid/2021/PT BBL, membatalkan Putusan PN Sungailiat yang menghukum 6 Ketua RT yang menandatangani surat undangan sosialisasi rencana gugatan atas dampak bau PT BAA.

"Ini berdampak besar bagi para pejuang lingkungan hidup semoga tidak ada lagi kriminalisasi terhadap para pejuang lingkungan hidup," kata Zaidan.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved