Breaking News:

Otomotif

Wajib Dipahami, Jangan Lupa Cek Kondisi Oli Motor Usai Mudik

Bagi pemudik dengan sepeda motor yang telah kembali ke kota asal, disarankan untuk tidak lupa mengecek kondisi kendaraannya.

Editor: Ajie Gusti Prabowo
via kompas.com
Mengganti oli bisa dilakukan sendiri. (tqn) 

BANGKAPOS.COM - Meski pemerintah secara resmi telah memberlakukan larangan mudik Lebaran sejak 6 hingga 17 Mei 2021, nyatanya masih banyak masyarakat yang nekat untuk tetap melakukan mudik, dan itu didominasi oleh pengendara sepeda motor.

Bagi pemudik dengan sepeda motor yang telah kembali ke kota asal, disarankan untuk tidak lupa mengecek kondisi kendaraannya. Salah satunya adalah mengecek kondisi oli motor.

Technical Service Division Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno mengatakan, pengecekan bisa dilakukan dengan melihat kapasitas dan kondisi dari olinya.

"Pengecekan kapasitas oli bisa melalui tuas level oli. Pada tuas tersebut tersedia indikator atas (upper) dan bawah (lower)," ucap Endro kepada Kompas.com pekan lalu.

Tuas level oli biasanya terletak dekat knalpot motor skuter matik (skutik), sedangkan pada motor bebek dan sport biasanya ada di bagian kanan dekat tuas rem belakang.

"Mengecek kondsi oli, biasanya dilihat dari warnanya. Kalau sudah hitam atau berubah warna, sebaiknya segera diganti. Bisa juga mengganti oli dengan mengikuti jadwal periodiknya," ujar Endro.

Endro melanjutkan, jika sudah mengetahui kondisi oli, untuk mengecek kapasitasnya bersihkan terlebih dahulu tutup oli.

"Setelah dibersihkan, masukan kembali tutup oli ke lubang masuk, tidak perku dikencangkan. Lalu ambil kembali, akan ada sisa oli di batang pengukurnya. Jika sisa oli ada di antara batas upper dan lower, berarti kapasitas oli kurang," kata dia.

Endro juga mengingatkan, ketika mengecek kapasitas oli, motor harus menggunakan standar tengah dan di atas permukaan yang datar. (kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Usai Mudik, Jangan Lupa Cek Kondisi Oli Sepeda Motor"

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved