Breaking News:

UPDATE Covid-19 Bangka, Tambah 37 Pasien Positif Covid-19, Sembuh 29 Orang, Ada Dua Balita Terpapar

Kabupaten Bangka hari ini, Rabu (19/05/2021) untuk penambahan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 37 orang, sedangkan pasien yang sembuh 29

Penulis: edwardi
Editor: M Ismunadi
Istimewa
Boy Yandra, Jubir Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kabupaten Bangka hari ini, Rabu (19/05/2021) untuk penambahan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 37 orang, sedangkan pasien yang sembuh 29 orang.

"Jadi jumlah total pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Bangka sebanyak 3.479 orang, sedangkan pasien yang sembuh ada 3.159 orang jadi ada 259 orang saat ini menjalani isolasi dan karantina di ICU, mess dan rumah sakit yang disediakan Pemkab Bangka dan isolasi mandiri," kata Boy Yandra, Jubir Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka, Rabu (19/05/2021).

Ditambahkan dari 37 orang pasien terkonfirmasi positif Covid-19 hari ini ada satu bayi dan satu balita terpapar Covid-19.

"Bayi MAF (6 bulan), perempuan warga Bukit Betung Kecamatan Sungailiat, OTG, transmisi lokal kontak erat dengan R, orangtuanya dan saat ini menjalani isolasi mandiri," kata Boy Yandra.

Dilanjutkannya 1 balita, ABR (3 tahun 7 bulan), laki-laki warga Desa Gunung Muda Kecamatan Belinyu dengan gejala meriang, batuk dan pilek, saat ini dirawat di RS Eko Maulana Ali.

"Untuk perawatan balita ini sudah ditangani dengan baik tim.medus RSUD Eko Maulana Ali Belinyu," ujar Boy Yandra.

Menurut Boy Yandra, sebaran wabah pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini yang pasiennya sedang mengikuti masa perawatan dan pemulihan yakni terdapat di 3 Kecamatan antara lain, Kecamatan Sungailiat, Pemali, Belinyu.

"Dari 259 orang yang menjalani perawatan, karantina isolasi mandiri dan ICU paling banyak terdapt dari 3 Kecamatan, untuk Sungailiat 135 orang, Pemali 86, Belinyu 34 orang," kata Boy Yandra.

Ditambahkannya, jumlah kontak erat 5.484 orang, suspek 2.328 orang.

Terkait terus terjadinya peningkatan kasus Covid-19 di Kabupaten Bangka ini harus selalu menjadi perhatian bersama semua pihak, sehingga penambahan kasus dapat dicegah, termasuk dapat mengembalikan Kabupaten Bangka menuju zona hijau, selain itu penerapan protokol kesehatan menjadi kunci utama dalam hal pemutusan mata rantai penyebaran penularan wabah Covid-19.

"Kabupaten Bangka secara masif melakukan 3 T melalui Dinas Kesehatan, dimana untuk Swab PCR sudah mencapai 10.017 Swab, kami berharap masyarakat bisa terus kooperatif sehingga kita cepat memutuskan mata rantai penyebaran penularan wabah Covid-19 ini," harap Boy Yandra.

Boy Yandra mengimbau kepada masyarakat agar bisa menjaga diri dan keluarga dari penularan wabah Covid-19 dengan melaksanakan protokol kesehatan 3M dengan baik.

"Bila ada anggota keluarga yang sakit jangan dirawat di rumah, bila ada yang demam segera dibawa ke puskesmas atau rumah sakit guna membantu memutuskan mata rantai penyebaran penularan wabah Covid-19 di Kabupaten Bangka," harap Boy Yandra.

Boy Yandra berharap Kabupaten Bangka kembali ke zona aman atau zona hijau.

"Bagi masyarakat yang merasa melakukan kontak dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 maka segera lapor ke puskesmas supaya nanti dites Rapid Swab Antigen dan di hari kelima dilakukan Swab PCR, hal inilah yang harus dilakukan guna menurunkan angka penularan wabah Covid-19 di Kabupaten Bangka," tukas Boy Yandra. (Bangkapos.com/Edwardi)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved