Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Kondisi Cuaca Terkini, Berpotensi Hujan di Wilayah Bangka Belitung, Waspadai Angin Kencang

Cuaca hari ini, Kamis (20/5/2021) hingga tiga hari ke depan diprakirakan masih akan berpeluang turun hujan ringan - sedang.

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: nurhayati
Bangkapos.com
Ilustrasi prakiraan cuaca 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Cuaca hari ini, Kamis (20/5/2021) hingga tiga hari ke depan diprakirakan masih akan berpeluang turun hujan ringan-sedang pada periode siang hingga sore dan pada malam hari

Peluang kondisi cuaca ini merata untuk seluruh wilayah provinsi kepulauan Bangka Belitung.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Seksi data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalpinang, Kurniaji.

"Tentu ada potensi angin kencang, apalagi di musim pancaroba saat ini bahwa musim pancaroba sangat identik dengan hujan sedang-lebat yang sering turun secara tiba-tiba, sporadis dan berulang, tidak hanya itu, potensi terjadinya puting beliung juga lebih tinggi di musim pancaroba," jelas Kurniaji, Kamis (20/5/2021) kepada Bangkapos.com.

Lebih lanjut, walaupun kerap hujan tetapi suhu yang terasa panas adalah kondisi yang normal terutama untuk wilayah Bangka Belitung dan Indonesia secara umum.

Secara geografis wilayah Indonesia berada disekitar wilayah ekuatorial, sehingga memiliki karakteristik dinamika atmosfer yang berbeda dengan wilayah lintang menengah-tinggi.

"Selain itu, wilayah Indonesia juga memiliki variabilitas perubahan cuaca yang cepat, tidak terkecuali wilayah Babel, sesuai data suhu yang kami amati dalam kurun waktu 10 hari terakhir bahwa rentang suhu tertinggi yang tercatat di Pangkalpinang adalah antara 31,4 - 32,6 derajat celcius.

Sedangkan suhu tertinggi yang pernah terecord di Pangkalpinang adalah sebesar 35,9 derajat celcius yaitu tanggal 22 September 2009 dan suhu rata-rata untuk wilayah Bangka adalah sekitar 26-27 derajat celcius," ungkap Kurniaji.

Selain itu, untuk wilayah pulau Bangka awal musim kemarau diprediksi akan mulai pada periode Juni Dasarian II sampai dengan Dasarian III, sedangkan untuk wilayah Pulau Belitung tidak dapat di tentukan mengingat pulau Belitung termasuk kategori Non ZOM (Zona Musim).

(Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved