Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

13.000 Lansia Jadi Target Dinkes Bangka Tengah untuk Dilakukan Vaksinasi 

Memang untuk lansia di Kabupaten Bangka Tengah sasaran kita sebanyak 13.000 orang

(Bangkapos.com/Sela Agustika)
Yati satu di antara pedagang Sayur di Pasar Namang saat melakukan vaksinasi yang didampingi langsung Bupati Bangka Tengah, Senin (10/5/2021). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Sebanyak 13.000 lansia terdata di wilayah Kabupaten Bangka Tengah. Di mana usia rentan ini menjadi fokus pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Bangka Tengah untuk memberikan perlindungan lebih dari potensi paparan virus Covid-19 yang dinilai memiliki tingkat risiko yang cukup tinggi.

“Memang untuk lansia di Kabupaten Bangka Tengah sasaran kita sebanyak 13.000 orang. Untuk sekarang kurang lebih kita sudah melaksanakan vaksinasi ke Lansia ini sebanyak 450 orang. Jadi kita merencanakan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 masal bagi para lansia ini, jika memang kondisinya memungkinkan dan daerah tertentu tidak ada kenaikan kasus Covid tinggi,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Dinkes  Bangka Tengah, Zaitun.

Ia menuturkan pelaksanaan vaksinasi bagi lansia di Kabupaten Bangka Tengah sendiri telah dilakukan sejak 17 Maret 2021.

“Untuk pelaksanaan vaksinasi bagi lansia ini aman ya, kita juga telah melakukan vaksinasi  Covid-19 pada lansia yang berusia 83 tahun dan aman-aman saja,” ujar Zaitun.

Kata Zaitun, selama proses pelaksanaan vaksinasi berlangsung, sampai saat ini pihaknya belum menemukan adanya gejala atau kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) yang dialami oleh masyarakat setelah divaksin.

"Gejala KIPI yang perlu mengalami tindak lanjut sejauh ini tidak kita temukan hanya ada beberapa gejala ringan seperti ngantuk dan lainnya yang dirasakan masyarakat usai di vaksin," ungkapnya.

Bahkan saat ini pihaknya fokus melaksanakan vaksinasi bagi lansia dan direncanakan akan dilakukan masal ini di setiap puskesmas yang ada di masing-masing kecamatan.

“Kalau dilaksanakan secara masal partisipasi masyatakat ini lebih tinggi. Di mana harapan kita lansia ini dapat segera terselesaikan vaksinasi. sehingga lansia di Kabupaten Bangka Tengah bisa terlindungi sekaligus mengantisipasi dari Covid-19," ucap Zaitun.

Bangkapos.com/Sela Agustika

Penulis: Sela Agustika
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved