Breaking News:

Atap Rumah Rusak Akibat Cuaca, Ini 5 Tips Melindunginya

Ketika membahas tentang atap rumah, ini adalah bagian penting dari sistem perlindungan seluruh rumah.

www.roofcalc.org
Material atap rumah 

BANGKAPOS.COM - Cuaca adalah salah satu faktor yang dapat merusak rumah mana pun, khususnya pada bagian atap rumah yang paling terdampak pada segala macam paparan cuaca, baik hujan, panas, angin kencang, dan sebagainya.

Ketika membahas tentang atap rumah, ini adalah bagian penting dari sistem perlindungan seluruh rumah. Jika atap rusak, maka akan ada masalah besar dengan integritas struktural seluruh bagian rumah.

Dilansir beberapa sumber, Sabtu (22/5/2021), berikut ini 4 praktik yang harus diterapkan untuk membantu melindungi atap rumah dari kerusakan akibat cuaca yang berlebihan.

1. Tebang dahan pohon
Kamu mungkin bertanya-tanya, apa hubungannya dahan pohon dengan melindungi atap rumah. Tapi, jika ada pohon yang tumbuh di sekitar rumah, mereka cenderung menjadi ancaman terbesar saat cuaca buruk melanda.

Entah itu angin kencang atau air deras yang membebaninya hingga patah, dahan pohon dapat menjadi ancaman besar bagi atap rumah.

Dianjurkan untuk memangkas dahan pohon menjauh dari bagian atas rumah, sehingga tidak mendarat di atap jika patah.

2. Pastikan mengetahui usia atap
Ketahui kapan terakhir kali atap diganti. Secara umum diasumsikan bahwa atap biasa akan bertahan sekitar 10 hingga 20 tahun lamanya.

Ketika atap tersebut mulai mendekati akhir masa pakainya, hal itu dapat menyebabkan kekacauan.

Kamu harus selalu memastikan bahwa atap rumah dalam kondisi baik untuk melindungi rumahmu dari segala jenis kerusakan akibat cuaca.

3. Beri perlindungan maksimal
Atap perlu perlindungan maksimal agar tidak mudah rusak dan menimbulkan kebocoran. Jadi, kamu bisa lapisi bagian antara genteng dan reng (bilah bambu atau kayu yang dipasang melintang pada kasau untuk sangkutan genteng) dengan lembaran plastik.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved