Breaking News:

Multi Peran, F-16 Viper Disebut Pesawat Tempur yang Paling Sesuai untuk TNI AU, Ini Alasannya

F-16 Block 72, atau yang dijuluki "Viper" ini adalah varian terbaru pesawat F-16, dengan upgrade di komponen radar, sistem avionik dan komunikasi,

Editor: Iwan Satriawan
Lockheed Martin
Gambar rekaan F-16 Block 72 (F-16V) dengan camo/livery TNI-AU. 

BANGKAPOS.OM-Kementerian Pertahanan berencana mendatangkan pesawat tempur baru untuk TNI AU.

Pesawat tempur canggih yang diminati untuk menambah keperkasaan TNI AU tersebut diantaranya seperti Eurofighter Typhoon, Dassault Rafale, dan F-15EX

Menanggapi rencana pembelian pesawat tempur baru untuk TNI AU ini, pihak Lockheed Martin tetap yakin bahwa F-16 Block 72 adalah solusi yang tepat untuk kebutuhan Indonesia saat ini.

Lockheed Martin sendiri merupakan perusahaan produsen pesawat tempur legendaris F-16.

Seperti diberitakan, Kementerian Pertahanan RI sebelumnya sempat mengungkap rencana membeli sejumlah pesawat tempur, seperti Eurofighter Typhoon, Dassault Rafale, dan F-15EX.

Business Development Director Lockheed Martin, Mike Kelly mengatakan, TNI AU sudah mengoperasikan 34 pesawat F-16, sehingga sudah memiliki semua peralatan pendukung dan suku cadang, pilot dan personel pemeliharaan.

Pesawat tempur F-16
Pesawat tempur F-16 (waarmedia.com)

"F-16 Block 72 menjadi solusi yang efisien dan hemat biaya, dengan menekan jumlah jenis pesawat (yang dimiliki TNI AU)," kata Kelly saat berbincang dengan KompasTekno, April lalu.

F-16 Block 72, atau yang dijuluki "Viper" ini adalah varian terbaru pesawat F-16, dengan upgrade di komponen radar, sistem avionik dan komunikasi, serta tanki bahan bakar tambahan yang tidak mengorbankan kinerja aerodinamis pesawat.

Kelly juga mengatakan bahwa Indonesia perlu memiliki solusi kekuatan udara yang dapat menjalankan semua misi yang dibutuhkannya, termasuk perlindungan wilayah kedaulatan Indonesia di Laut Cina Selatan.

"Dan di situlah kami berpikir bahwa F-16 (Viper) adalah solusi yang baik dan memiliki kemampuan tempur itu," kata Kelly.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved