Breaking News:

Gratis Vaksinasi Covid-19, Syaratnya Masyarakat Umum Cukup Bawa Dua Lansia

Bagi masyarakat umum yang ingin menerima vaksin secara gratis, bisa langsung datang ke fasilitas kesehatan dengan membawa dua orang lansia.

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: M Ismunadi
Bangkapos.com/Dokumentasi
Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Pangkalpinang, dr Bangun Cahyo Utomo. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Juru Bicara Vaksinisasi di Bangka Belitung sekaligus Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Pangkalpinang, dr Bangun Cahyo Utomo mengatakan saat ini vaksinasi difokuskan kepada lansia dan pelayan publik.

Namun, bagi masyarakat umum yang ingin menerima vaksin secara gratis, bisa langsung datang ke fasilitas kesehatan dengan membawa dua orang lansia.

"Bisa kayak gitu, kalau mau divaksin untuk masyarakat umum datanh ke fasilitas sebagai pendamping lansia. Dua lansia untuk satu pendamping, programnya seperti itu dari pusat," ujar dr Bangun, Senin (24/5/2021).

Lebih lanjut, ia mengatakan program ini diterapkan untuk mempercepat cakupan vaksinasi lansia, pasalnya mobilitas lansia terbatas sehingga perlu bantuan pendamping untuk membawa ke faskes dalam rangka vaksinasi.

"Ini sudah berjalan, semua nakes juga sudah menginformasikan hal ini di faskes-faskes. Yang terpenting stok vaksin kita, Alhamdulilah stok vaksin aman, kemarin baru datang juga," kata dr Bangun.

Sementara itu, vaksinasi lansia ini ditargetkan hingga akhir Desember 2021 sudah tercakupi semua.

Berdasarkan data Sabtu, (22/5/2021) bahwa sudah 73.107 orang atau 39,91 persen yang telah disuntik vaksin pertama dan sudah 54.120 orang atau 29,54 persen yang telah disuntik vaksin dosis kedua di Bangka Belitung.

Dengan rincian 41.883 orang atau 46,70 persen pekerja publik telah disuntik vaksin dosis pertama dan sudah 28.359 pekerja publik atau 31,66 persen yang telah disuntik vaksin dosis kedua.

Data kategori lansia dengan rincian 17.943 orang atau 22,63 persen yang telah disuntik vaksin dosis pertama dan 13.962 orang lansia yang telah disuntik vaksin dosis kedua.

Data kategori tenaga kesehatan sudah 12.128 orang atau 92,34 persen yang telah disuntik vaksin dosis pertama dan 11.612 orang atau 88,41 persen tenaga kesehatan yang telah disuntik vaksin dosis kedua.

Data kategori masyarakat umum sudah 12.203 orang disuntik vaksin dosis pertama dan 187 orang sudah disuntik vaksin kedua. (Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved