Breaking News:

Otomotif

Tak Hanya Sekadar Aksesoris, Pahami Fungsi Penting Talang Air Mobil

Door visor atau biasa dikenal dengan talang air merupakan aksesori yang memiliki fungsi penting di mobil, terkhusus saat musim hujan.

Editor: Ajie Gusti Prabowo
Bangka pos.com / Widodo (T4)
Beberapa mobil berjejeran yang tersedia di San Jaya Motor Jl Mayor Safri Rahman Kota Pangkalpinang pada Rabu (24/3/2021) 

BANGKAPOS.COM - Door visor atau biasa dikenal dengan talang air merupakan aksesori yang memiliki fungsi penting di mobil, terkhusus saat musim hujan.

Tapi, tak semua pemilik memahaminya sehingga cenderung abai.

Dikatakan Dealer Technical Support Dept PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, selain membuat tampilan mobil jadi menarik talang air juga mampu mengurangi potensi korsleting.

Sebab, alat ini mencegah air masuk ke dalam mobil sehingga beragam tombol elektrik seperti panel yang menempel pada door trim terjaga secara baik.

"Selain itu talang air memiliki fungsi untuk melindungi pengemudi dan penumpang dari guyuran air saat hujan saat membuka jendela mobil," katanya saat dihubungi Kompas.com belum lama ini.

"Jadi, air dari atap dibuang kedepan dan kebelakang supaya tidak menguyur kaca bagian samping," lanjut Didi.

Pernyataan serupa diberikan Kepala Bengkel Auto2000 Cikarang, Indah Yuliana.

Bahkan menurutnya talang air dapat meredam suara dari bising jalanan melalui pemecahan aliran udara ketika bergerak.

"Walau terkesan sederhana, jika salah akan merusak fungsi dan lain-lainnya. Apalagi di bagian luar yang terkena suhu panas maupun dingin secara langsung," katanya.

Untuk kisaran harga talang air mobil sendiri cukup bervariasi tergantung model dan kualitasnya. Rata-rata, dibanderol mulai Rp 250.000 sampai jutaan rupiah. (kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bukan Hanya Sekadar Aksesori, Ini Fungsi Penting Talang Air Mobil"

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved