Breaking News:

Berita Belitung

Sinergi ASPPI Babel dengan Puskesmas Tanjungbinga Untuk Layanan Medis Wisatawan

Suasana terasa nyaman, petugas yang ramah, sudut ruangan bersih, hingga disediakan jamuan kue dan buah jika belum sarapan, bagi 20 pasien pertama.

Penulis: rusmiadi | Editor: El Tjandring
istimewa
Kunjungan pengurus ASPPI Babel ke Puskesmas Pariwisata Tanjung Binga, Sijuk Belitung. 

BANGKAPOS.COM, BELITUNG - Suasana terasa nyaman, petugas yang ramah, sudut ruangan bersih, hingga disediakan jamuan kue dan buah jika belum sarapan, bagi 20 pasien pertama yang datang.

Seperti itulah suasana di Puskesmas Pariwisata Tanjungbinga, Kecamatan Sijuk, Belitung, Selasa (25/5/2021), ketika pengurus Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Bangka Belitung (Babel) berkunjung.

Putrie Prasetyotami,Kasubag TU dan Risma Melyati Gultom Ketua Pokja UKM Pengembangan di Puskesmas Pariwisata Tanjungbinga menerima kunjungan pengurus ASPPI Babel saat itu, lalu menjamu minuman special yang dibernama "Seleraja", yaitu minuman dari serei, lemon, gula merah dan jahe yang mereka produksi sendiri bekerjasama dengan UKM sekitar Tanjungbinga.

"Kami justru sekarang sangat membutuhkan sinergi dengan penggiat wisata, agar semua program bisa berjalan. Dan kawan-kawan pelaku pariwisata pun merasakan keberadaan kami menjadi bagian dari pariwisata di Belitung," ujar Putrie, seperti dikutip dari rilis Biro Humas dan Publikasi ASPPI Babel, Riviani, Selasa (25/5/2021).

Puskesmas yang tak jauh dari kawasan wisata ini juga memili galeri yang diberinama SIMPKI kepanjangan dari Simpor Laki yang artinya Siap, Mawas Diri, Profesional, Responsif, Lengkap, Aktif, Kompeten, Inovatif.

Galeri ini memamerkan produk hasil UKM di lingkungan sekitar. Dari jamu, hasil olahan laut, souvenir sampai ke batik.

Uniknya pemberian nama dan program-program yang dimiliki puskesmas ini,  menggunakan istilah-istilah yang mengangkat kearifan lokal.

Misalnya Plesir, yakni  kepanjangan dari Patroli Ambulance Air, Mutik Sahang (Mutik/Mengambil Saran dan Harapan Pengunjung), Mempelam (Menu Germas/Gerakan Masyarakat Sehat untuk Pasien Melampun/sarapan)

Untuk pariwisata pihak puskesmas memiliki program Healthy Travel by SIMPKI.  Menjalin kerjasama lintas sektor dengan penggiat pariwisata pembinaan prokes di masa pandemi, di hotel, homestay juga P3K.

Bahkan pelayanan akupresur dan pijat refleksi pun tersedia disini.

Puskesmas Pariwisata Tanjungbinga siap bersinergi dengan ASPPI untuk meningkatkan pelayanan medis kepada wisatawan yang melakukan hopping island di perairan utara, maupun di destinasi yang ada di sekitar.(*)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved