Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Masyarakat Bangka Belitung Diprakirakan Nikmati Gerhana Bulan Total dengan Kondisi Cuaca Berawan

Gerhana Bulan Total Perige (Super Blood Moon) Mei 2021 dapat dinikmati oleh masyarakat Bangka Belitung.

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: nurhayati
Tribunnews.com/Wahyu Firmansyah
Gerhana bulan 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Gerhana Bulan Total Perige (Super Blood Moon) Mei 2021 dapat dinikmati oleh masyarakat Bangka Belitung.

Peristiwa terhalanginya sinar matahari oleh bumi yang tidak sampai ke bulan ini akan terjadi hari ini pada tanggal 26 Mei 2021.

Gerhana Bulan Total Perige (Super Blood Moon) bisa dinikmati tanpa alat bantuan serta waktu untuk wilayah Bangka Belitung, puncaknya diperkirakan pada jam 18.18 WIB.

Biasanya, momentum paling penting dan menarik adalah awal fase total hingga akhir fase total gerhana tersebut.

Adapun waktu rincian mulainya Gerhana Bulan Total, awal fase total 18.09 WIB, puncak gerhana 18.18 WIB, akhir fase total 18.28 WIB, akhir fase sebagian 19.52 WIB dan akhir fase penumbra 20.51 WIB.

Hanya fase awal penumbra dan fase awal sebagian yang tak dapat dinikmati masyarakat Bangka Belitung sebab hanya terjadi di Papua dan Indonesia bagian timur.

Kepala Seksi data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalpinang, Kurniaji mengatakan saat menikmati Gerhana Bulan Total di Babel dengan kondisi cuaca berawan.

"Kalau dari prakiraan yang berlaku hari ini, hujan berpotensi terjadi pada siang hari dan malam (diatas jam 19.00 WIB). Diprakirakan awal fase hingga akhir fase total kejadian gerhana bulan hari ini akan terjadi dalam kondisi cuaca berawan," kata Kurniaji.

(Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved