Breaking News:

Otomotif

Perlu Dipahami, Motor Perlu Perawatan Ulang Habis Touring Panjang

Selain harus memenuhi persyaratan yang telah ditentukan dan menerapkan protokol kesehatan, motor juga perlu perawatan habis pulang touring panjang.

Editor: Ajie Gusti Prabowo
Ist
Hindari potensi bahaya saat berkendara 

BANGKAPOS.COM - Meski di tengah pandemi, tapi kadang hasrat untuk melakukan perjalanan jarak jauh atau touring tak terbendung.

Selain harus memenuhi persyaratan yang telah ditentukan dan menerapkan protokol kesehatan, motor juga perlu perawatan habis pulang touring panjang.

Wahidin, Senior Manager Aftersales Main Dealer PT Thamrin Brothers (Yamaha Territory VI), mengatakan, bagi pengguna sepeda motor, setelah berkendara jarak jauh baiknya memperhatikan perawatannya.

"Untuk itu, kami memberikan beberapa poin yang perlu diperhatikan supaya kondisi motor terjaga baik dan dapat dipergunakan untuk mendukung aktivitas," ujar Wahidin, dalam keterangan resminya.

Berikut ini 6 komponen pada sepeda motor yang perlu diperhatikan setelah berkendara jarak jauh:

1. Oli
Perjalanan yang cukup jauh memerlukan pengecekan oli atau bahkan pergantian oli mesin. Untuk oli mesin sendiri, Yamaha merekomendasikan setiap 2.000 km.

Selain oli mesin, cek juga oli gear, terutama kendaraan matik. "Untuk oli matik, masa pergantian di setiap 10.000 km, dan wajib menggunakan pilihan oli yang tepat dan sudah teruji contohnya Yamalube dan sesuai dengan tipe motor Anda," kata Wahidin.

2. Filter Udara
Kondisi jalan yang cukup berdebu membuat filter udara jadi cepat kotor. Untuk filter udara saat service dapat dibersihkan, sedangkan untuk pergantian direkomendasikan pergantian setiap 15.000 km.

"Namun jika pemakaian dalam kondisi ekstrem dan penggunaan terlalu sering atau lama, semakin cepat diganti semakin baik," ujar Wahidin.

3. Busi
Untuk pengecekan busi, cukup banyak motor yang kurang performanya, bahkan mati dikarenakan kurangnya perawatan busi.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved