Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Kasus Baru Covid-19 di Bangka Belitung Kembali Naik Tiga Hari Terakhir, Satgas Sebutkan Pemicunya

Kasus positif Covid-19 di Provinsi Bangka Belitung kembali meningkat beberapa hari ini. Pada Rabu (26/5/2021) kemarin bertambah 271 kasus baru.

Satgas Covid-19 Babel
Mobil Ambulance milik Pemprov Babel melakukan penjemput penumpang asal Palembang, di Bandara Depati Amir, karena hasil rapid test ulang dinyatakan positif Covid-19, pada Minggu (24/5/2021) kemarin. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kasus positif Covid-19 di Provinsi Bangka Belitung kembali meningkat beberapa hari ini. Pada Rabu (26/5/2021) kemarin bertambah 271 kasus baru.

Kemudian Selasa (25/5/2021) bertambah 166 kasus baru dan Senin (24/5/2021) bertambah 135 kasus baru.

Hingga Rabu (26/5/2021) kasus di Babel telah mencapai 17.431 kasus.

Kemudian total 15.423 kasus, dan meninggal total 258 kasus.

Sekretaris Percepatan, Penanganan Satgas Covid-19, Mikron Antariksa, mengatakan, pemicu meningkatnya kasus baru di Bangka Belitung karena mobilitas atau aktivitas masyarakat yang tinggi menjelang lebaran Idul Fitri kemarin.

"Pemicu peningkatan kasus baru yang signifikan pertama kali karena tingginya mobilitas masyarakat menjelang lebaran. Seperti aktivitas keagamaan itu tidak bisa dihindari dan masif, sehingga menimbulkan kasus secara signifikan. Bisa dilihat di beberapa daerah, banyaknya menimbulkan kerumunan,"j elas Mikron kepada Bangkapos.com, Kamis (27/5/2021).

Selain itu, dia mengatakan pengaruh penyebaran  transmisi lokal masih terus terjadi, sehingga perlu dilakukan pengetatan dalam pelaksanaan protokol kesehatan Covid-19.

"Kebijakan kebijakan terbaru kita dalam menjalankan protokol kesehan itu berupaya terus meningkatkan kapasitas karantina di setiap daerah. Karena apabila terjadi klaster keluarga tanpa gejala perlu dikarantina untuk memutus mata rantainya," katanya.

Selain itu, kata Mikron mereka masih melaksanakan kebijakan lainya seperti tetap melakukan swab antigen ke setiap pengunjung kafe dan tempat keramaian sebagai upaya pencegahan transmisi lokal penyebaran Covid-19.

"Kita sudah melakukan swab di berbagai tempat di seluruh Bangka Belitung, seperti di Pangkalpinang, pusat belanja Ramayana, kafe dan tempat lainya dalam rangka memutus mata rantainya. Agar masyarakat yang keluar beraktivitas merasa aman tidak takut virus menyebar luas," terangnya.

Halaman
12
Penulis: Riki Pratama
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved