Breaking News:

Pengaruh Gerhana Bulan Total, BMKG Ingatkan Beberapa Wilayah Berpotensi Banjir Rob 26-31 Mei

Potensi banjir berbeda-beda waktu di tiap wilayah yang secara umum dapat mengganggu aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir

Editor: Ardhina Trisila Sakti
NASA
Bulan berwarna kemerahan (Blood Moon) saat gerhana bulan total. 

BANGKAPOS.COM - Fenomena Gerhana Bulan Total akan terjadi dan dapat terlihat di beberapa wilayah Indonesia dengan mata telanjang. 

Diketahui, Gerhana Bulan Total terjadi ketika posisi Matahari, Bumi, dan Bulan sejajar. 

Saat puncak Gerhana Bulan terjadi, bulan akan berwarna merah dan dikenal dengan istilah Blood Moon. 

Gerhana Bulan Total akan terjadi mulai pukul 15.46 WIB hingga 20.51 WIB, sedangkan puncak gerhana bulan total akan terjadi pada 18.09 WIB hingga 18.28 WIB atau sekitar 18 menit.

Masyarakat dapat mengikuti proses pengamatan gerhana tersebut pada link yang disediakan oleh BMKG di  laman www.bmkg.go.id/gbt.

Baca juga: Buruh Gelar Aksi Kampanye Boikot Indomaret

Baca juga: Anaknya Tak Diakui, Istri Pertama Hotma Sitompul Sindir Bams: Jangan Cuma Banggain Anak Tiri

Dari keterangan resmi yang dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang dibagikan pada akun Twitter @InfohumasBMKG, BMKG turut mengingatkan adanya potensi banjir pesisir (ROB) pada tanggal 26 Mei hingga 31 Mei. 

 "Fenomena Super Blood Moon berpengaruh terhadap kondisi pasang air laut maksimum yang berpotensi menyebabkan banjir pesisir (rob) di beberapa wilayah pesisir Indonesia," Kata Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo dalam rilis tersebut, Selasa (25/5/2021).

Potensi banjir rob juga disebut karena adanya angin kencang yang mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang.

"Angin yang berhembus konsisten dengan kecepatan cukup tinggi 46 km/jam di beberapa perairan Indonesia mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang," tambah dia.

Potensi banjir pesisir berbeda-beda waktu (hari dan jam) di tiap wilayah yang secara umum dapat mengganggu aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir. 

"Wilayah pesisir Indonesia di antaranya Sumatera Utara, Batam, Banten, Jakarta, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Sulawesi Utara, Maluku, Papua," jelasnya.

Peringatan dini tersebut disampaikan  sebagai imbauan agar masyarakat selalu siaga dan dapat mengantisipasi.

"Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut," imbaunya dalam keterangan tertulis. (TribunWow.com)

Artikel ini telah tayang di TribunWow.com dengan judul Gerhana Bulan Total Terjadi Hari ini, BMKG Ingatkan Potensi Banjir Rob di Beberapa Wilayah 26-31 Mei

Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved