Breaking News:

UPDATE Covid-19 Bangka Barat, 37 Kasus Terkonfirmasi Positif Covid-19

Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Bangka Barat, mengalami kenaikan dengan 37 kasus, Kamis (27/05/2021).

Penulis: Rizki Irianda Pahlevy | Editor: M Ismunadi
Bangkapos.com/dokumentasi
Juru bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Bangka Barat, M. Putra Kusuma. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Bangka Barat, mengalami kenaikan dengan 37 kasus yang terkonfirmasi positif Covid-19, Kamis (27/05/2021).

Total terdapat 37 kasus yang terkonfirmasi positif covid-19 kali ini, berasal dari lima Kecamatan yakni sembilan kasus dari Kecamatan Muntok, satu kasus Kecamatan Simpang teritip, satu kasus Kecamatan Parittiga, sembilan satu kasus dari Kecamatan Tempilang dan 17 kasus dari Kecamatan Jebus.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka Barat, Putra Kusuma mengatakan kenaikan jumlah terkonfirmasi berasal dari beberapa klaster.

"Saat ini untuk penularan masih di dominasi klaster keluarga dan masyarakat, selain itu klaster kantor juga ada," ujar Putra Kusuma.

Lebih lanjut Putra mengungkapkan, untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dibutuhkan kerja sama semua pihak termasuk masyarakat.

"Salah satunya mematuhi protokol kesehatan pada setiap orang, dimulai dari diri sendiri dan lingkungan terkecil hingga ke level komunitas kemasyarakatan. Pengawasan juga menjadi tanggung jawab bersama, baik pribadi dan Satgas Covid-19 desa atau kelurahan. Penguatan dan kemandirian kita semua, menjadi pendukung terkait hal ini," jelasnya.

Selain itu terkait pemenuhan logistik dan membangun sistem, sampai level rt/rw sedang diupayakan dan dievaluasi.

Diketahui Desa telah membangun komunikasi dan sistem sesuai konteks PPKM Mikro yang tertuang dalam Instruksi Mendagri Nomor 9, 10 dan 11 Tahun 2021, antara lain terdapat empat komponen tim desa yaitu penanganan, pencegahan, pembinaan dan pendukung.

"Ke depan tracking dan tracing dibantu oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas dengan maksimalisasi aplikasi " Silacak" serta kader dan "on the job training" ditargetkan rampung awal Juni 2021," ungkapnya.

Sementara itu diketahui total kasus terbanyak terdapat di Kecamatan Muntok sebanyak 758 kasus, di tempat kedua Kecamatan Jebus 452 kasus, Kecamatan Tempilang 261 kasus, kecamatan Parittiga 247 kasus, kecamatan Simpang Teritip 150 kasus dan Kecamatan Kelapa 110 kasus.

Lebih lanjut untuk total kasus di Kabupaten Bangka Barat yakni 1.978 yang terkonfirmasi positif, meninggal dunia 22 orang, 1.587 orang dinyatakan sembuh dan isolasi sebanyak 369 orang. (Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved