Breaking News:

Kumpulan Doa

Doa yang Selalu Jadi Amalan Rasulullah Pada Hari Jumat, Begini Teladannya

Doa dan amalan yang menjadi sunah rasul pada hari Jumat, Karena bisa menambah pahala

Penulis: Magang6
Editor: Dedy Qurniawan
muslimobsession.com
Doa yang Selalu Jadi Amalan Rasullulah Pada Hari Jumat, Begini Teladannya - Ilustrasi Berdoa (muslimobsession.com) 

BANGKAPOS.COM- Hari Jumat merupakan hari istimewa bagi umat Muslim. Ada beberapa Doa di Hari Jumat yang dianjurkan ulama, serta sejumlah amalan sunnah Rasul yang memiliki banyak keutamaan, sehingga sayang untuk dilewatkan.

Selain itu, pada hari Jumat umat Muslim dianjurkan memperbanyak berbagai amalan selain Shalat Jumat. Kata Jumat berasal dari Bahasa Arab yakni Jumu'ah yang berarti berkumpul, karena semua umat Islam laki-laki akan menunaikan Shalat Jumat berjamaah.

Dalam Sunnah Nabi Muhammad SAW, memang tidak ada doa yang khusus untuk dibaca pada hari Jumat. Namun, berikut ini adalah doa-doa yang bisa diucapkan pada hari Jumat.

1. اللهم عليك توكلت فارزقني واكفني، وبك لذت فنجني مما يؤذيني، أنت حسبي ونعم الوكيل، اللهم رضني بقضائك، وقنعني بعطائك، واجعلني من أوليائك.

Allahumma alaika tawakkaltu farzuqni wakfini, wa bika ludztu fa najjini mimma yu’dzini anta hasby wa ni’mal wakil, Allahumma raddhini bi qadhaika, wa qanni’ni bi athaika, waj ‘alni min awliyaika. 

"Ya Allah SWT, aku berserah diri pada-Mu, berikan aku rezeki dan cukupkan aku. Selamatkan aku dari sesuatu yang menyakitiku. Engkau adalah satu-satunya pelindung terbaikku. Dan cukupkanlah aku dengan anugerah-Mu dan jadikanlah aku dari para wali-Mu"

2. Doa keberkahan hari Jumat untuk sesama, yaitu sebagai berikut:

أدام الله لكم بركة الجمعة دهوراً، وألبسكم من تقواه نوراً، جمعة مباركة  

Adamallahu lakum barakatal Jumat duhuran, wa albasakum min taqwahu nuron, jumatan mubarakah.  

"Semoga Allah SWT memberikan berkah kepada kalimat pada hari Jumat ini, serta Allah mengenakan cahaya dari kesalehan hari ini, Jumat yang diberkahi.” 

Halaman
1234
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved