Breaking News:

Advertorial

Kejaksaan Negeri Bangka Tengah Musnahkan Berkas Arsip Inaktif

Kejaksaan Negeri Bangka Tengah melakukan pemusnahan berkas arsip inaktif yang telah menumpuk sekian lama di gudang arsip

Penulis: Iklan Bangkapos
Editor: M Ismunadi
Ist/Kejari Bangka Tengah
Pemusnahan berkas arsip inaktif dilakukan di halaman kantor Kejaksaan Negeri Bangka Tengah, Jumat (28/05/2021). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kejaksaan Negeri Bangka Tengah melakukan pemusnahan berkas arsip inaktif yang telah menumpuk sekian lama di gudang arsip.

Pemusnahan dilakukan dengan cara dibakar menggunakan wadah drum besi di halaman kantor Kejaksaan Negeri Bangka Tengah, Jumat (28/05/2021) jam 09.00 WIB.

Adapun berkas arsip yang dimusnahkan tersebut adalah arsip inaktif yang sudah ada dalam jangka waktu yang cukup lama, sehingga dalam hal ini informasi yang ada di dalamnya sudah jarang digunakan atau mungkin informasi yang terkandung di dalamnya sudah tidak berlaku lagi.

Sebelum dibakar, arsip-arsip tersebut diklasifikasikan terlebih dahulu, mulai dari jenis dan nilai kegunaannya.

Kasi Intel Kejari Bangka Tengah, Fauzan seizin Kajari Bangka Tengah Baharuddin M. SH.MH. mengatakan, pemusnahan terhadap berkas arsip penting dan vital tentu saja tidak dilakukan, dikarenakan arsip-arsip tersebut merupakan arsip abadi dan disimpan selamanya seperti  berkas perkara dan arsip penting lainnya.

Pemusnahan berkas arsip Inaktif yang dilakukan oleh Kejari Bangka Tengah
Pemusnahan berkas arsip Inaktif yang dilakukan oleh Kejari Bangka Tengah (Ist (Kejari Bangka Tengah))

"Yang dilakukan pemusnahan itu merupakan arsip-arsip biasa, seperti laporan bulanan, tahunan, undangan, surat-surat biasa serta arsip-arsip ganda yang telah selesai penggunaannya," katanya kepada bangkapos.com.

Dirinya menambahkan, dilakukannya pemusnahan terhadap arsip-arsip tersebut merupakan langkah Kejari Bangka Tengah dalam melakukan penertiban terhadap dokumen-dokumen yang sudah selesai penggunaannya, kemudian pengelolaan kerapian kantor serta tata kelola administrasi perkantoran.

"Dalam rangka penataan dan menciptakan suasana kerja yang sehat, Kejaksaan Negeri Bangka Tengah akan menertibkan Barang Milik Negara (BMN), yang dalam kondisi rusak atau sudah tidak berfungsi namun belum dilakukan penghapusan. Pelaksanaan pemusnahan sebelumnya juga dilakukan pada Kamis (27/05/2021) kemarin," ujarnya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved