Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Klaster Perkantoran Pemkab Bangka, Kasus Positif Covid-19 Ditemukan di Dua Kantor Lagi

Pascalebaran Idul Fitri 1442 H terjadi peningkatan jumlah penularan wabah Covid-19, khususnya di klaster perkantoran lingkungan Pemkab Bangka.

Penulis: edwardi
Editor: El Tjandring
Bangkapos.com/Edwardi
Boy Yandra Jubir Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Pascalebaran Idul Fitri 1442 H terjadi peningkatan jumlah penularan wabah Covid-19, khususnya di klaster perkantoran lingkungan Pemkab Bangka.

Tercatat sebelumnya terjadi kasus positif Covid-19 di Kantor Disdukcapil Bangka sebayak 16 orang pegawai positif, Kantor Kecamatan Sungailiat 3 orang positif, Kantor Perumda Tirta Bangka ada 4 orang positif, Kantor P2KBP3A ada 3 orang positif, Kantor PUPR Kabupaten Bangka ada 2 orang positif Covid-19.

Hari ini, Jumat (27/5/2021) ada dua kantor lagi yang pegawainya terpapar Covid-19, yakni Kantor Inspektorat Kabupaten Bangka ada 4 orang positif Covid-19 dan Kantor Dinas Perikanan Kabupaten Bangka ada dua orang pegawai positif Covid-19.

Boy Yandra, Jubir Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka mengatakan ini usai kegiatan Senam Kesegaran Jasmani di halaman Kantor Bupati Bangka, Jumat (28/05/2021).

"Pascalebaran atau 12 hari pascalebaran tercatat ada 478 orang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Bangka hanya dalam waktu 12 hari," kata Boy Yandra.

Diakuinya penyebab karena disiplin prokes pencegahan penularan wabah Covid-19 agak kendor dan warga yang melakukan kontak erat dengan pasien positif, namun menutup diri dan tidak melapor karena merasa ketakutan sehingga tim kesehatan agak susah melakukan tracking terhadap para kontak erat ini.

"Warga kontak erat ini tidak bersedia ditracking, dia merasa sehat padahal di tubuhnya ada virus Covid-19 sehingga dia tetap ke mana-mana dan menularkan lagi virus ini ke orang lainnya atau anggota keluarganya sendiri," tukas Boy Yandra.

Diungkapkan Boy Yandra, seperti yang terjadi di Kantor Disdukcapil Kabupaten Bangka dimulai ada pegawai merayakan ulang tahun dan mengundang teman-teman kantornya ke rumah sehingga hampir semua yang hadir di acara itu positif Covid-19.

"Mungkin saat acara itu peserta buka masker semuanya dan merasa aman, mungkin selfie-selfie buka masker, rupanya di situlah awal penularannya," imbuh Boy Yandra.

Boy mengimbau agar jangan ada lagi para pegawai mengundang teman-temannya untuk open house ataupun ulang tahun, arisan dan kegiatan lainnya.

"Untuk hari ini Kantor Inspektorat Kabupaten Bangka mulai melakukan WFH dan Dinas Perikanan karena ada beberapa pegawai yang terpapar Covid-19 ini, " ujar Boy Yandra.

(Bangkapos.com/Edwardi)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved