Breaking News:

advertorial

Pemprov Babel Raih Opini WTP BPK RI Serahkan ke Ketua DPRD dan Gubernur

PEMERINTAH Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menerima opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Provinsi (27/5).

Penulis: iklan bangkapos
Editor: M Ismunadi
ist
Staf Ahli bidang Keuangan Pemerintah Pusat. Dr Beni Ruslandi menye­rahkan langsung laporan hasil pemeriksaan kepada Gubernur Babel, Erzaldi Rosman dan Ketua DPRD Babel, Herman Suhadi di Ruang Rapat Paripurna DPRD Babel. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menerima opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun Anggaran 2020 dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI. Rapat paripurna penyampaian laporan hasil pemeriksaan (LHP) laporan keuangan pemerintah Daerah (LKPD) Peme­rintah Provinsi Bangka Belitung tahun anggaran 2020 itu dibuka langsung oleh Ketua DPRD Babel, Herman Suhadi, Kamis (27/5/2021).

Staf Ahli bidang Keuangan Pemerintah Pusat. Dr Beni Ruslandi menye­rahkan langsung laporan hasil pemeriksaan kepada Gubernur Babel, Erzaldi Rosman dan Ketua DPRD Babel, Herman Suhadi di Ruang Rapat Paripurna DPRD Babel.

“Kami meng­apresiasi kepada Ketua DPRD dan Gubernur Babel beserta jajaran atas kerja sama dan komitmennya dalam mendukung penye­lenggaraan pengelolaan keuangan negara yang transparan,” Staf Ahli bidang Keuangan Pemerintah Pusat, Dr Beni Ruslandi.

Selain itu, dalam ke­sempatan serupa BPK RI membeberkan dari hasil pemeriksaan yang dilakukan, pihaknya menemukan empat permasalahan yang signifikan dari Dinas PUPR dan Dinas Pendidikan Bangka Belitung.

“Pejabat wajib memberikan jawaban atau penjelasan kepada BPK tentang tindak lanjut atas rekomendasi laporan hasil pemeriksaan. Jawaban atau penjelasan dimaksud disampaikan kepada BPK selambat-lambatnya 60 hari setelah laporan hasil pemeriksaan diterima. Kami berharap agar hasil pemeriksaan tersebut dapat memberikan dorongan untuk terus memperbaiki pertanggungjawaban pelaksanaan APBD,” ujarnya.

Usai rapat paripurna, Gubernur Babel, Erzaldi Rosman bersyukur dapat mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun Anggaran 2020.

“Alhamdulillah ini keempat, kita bisa mempertahankannya. Ini tidak terlepas dari pada kedisplinan dan kerjasama antara pemerintah dengan pimpinan dan anggota DPRD, menjalin kerjasama dengan baik. Hasil audit ini tidak serta merta datang begitu saja, pasti ada hal yang kita lakukan seperti kontrol dan pengawasan yang tidak lepas dari kawan-kawan DPRD,” kata Erzaldi.

Ia berharap opini WTP ini harus tetap dipertahankan dan ditingkatkan ke depannya.

“Namun, hasil audit ini tentu ada evaluasi yang terus menerus dilakukan, untuk meningkatkan kualitas dari pada pembangunan atau pemanfaatan keuangan daerah tersebut. Apa yang disampaikan BPK itu sudah ditindaklanjuti, tinggal nanti kita cek lagi, mungkin DPRD akan mengecek sejauh mana yang sudah ditindaklanjuti,” ujarnya.

Ketua DPRD Babel, Herman Suhadi mengapresiasi atas predikat opini WTP yang diterima Bangka Belitung tahun 2021 ini.

“Tentunya dalam meraih ini, bukanlah mudah tetapi perlu kerja keras dan kerja cerdas serta perlu koordinasi yang baik. Terimakasih kepada seluruh yang membuat Babel bisa mencapai WTP,” kata Herman.

Terkait permasalahan signifikan yang dilontarkan BPK RI, tentunya DPRD Babel akan menindaklanjuti dengan membuat panitia khusus.

“Kami tentunya dari hasil laporan pemeriksaan akan menindaklanjuti sesuai dengan peraturan perundang-undangan, DPRD akan membuat panitia khusus untuk itu. Nanti kami akan berkoordinasi dengan semua pihak, yang tentunya memantau apa yang disarankan itu sudah ditindaklanjuti apa belum. Panitia khusus itu gambarannya biasanya utusan fraksi sesuai dengan kebutuhan, anggota usulan dari semua fraksi,” kata Herman. (adv/s2/bow)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved