Breaking News:

Sekolah SMP Masih Menjadi Pilihan yang Mendominasi Dibandingkan Ponpes

Hingga kini sekolah SMP Negeri maupun swasta masih menjadi pilihan yang mendominasi di Kota Pangkalpinang.

Penulis: Andini Dwi Hasanah | Editor: M Ismunadi
Bangkapos.com/Dokumentasi
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang, Eddy Supriadi. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang, Eddy Supriadi menyebutkan, hingga kini sekolah SMP Negeri maupun swasta masih menjadi pilihan yang mendominasi di Kota Pangkalpinang.

Kata Eddy, ada tiga sekolah pesantren di kota Pangkalpinang, yang pertama MTSN, kemudian pesantren modern Hidayatussalikin, dan Pesantren Darussalam.

"Yang minat ke pesantren itu terbatas, karena dari kemenag itu membtasi jumlah siswanya, daya tampung keseluruhan kelasnya dalam setiap tahunnhanya enam rombongan belajar (rombel). Minat ke pesantren saat ini cukup besar tapi masih mendominasi ke sekolah negeri," ungkap Eddy kepada Bangkapos.com, Jumat (28/5/2021).

Eddy menyebutkan, tahun 2018 lalu pesantren di Kota Pangkalpinang menerima peserta didik baru sebesar 384 orang, tahun 2019 sebanyak 404 orang, dan untuk tahun 2020 sebanyak 376 orang.

Sementara sekokah SMP Negeri tahun 2018 menerima peserta didik baru sebanyak 2.380 orang, 2019 sebanyak 2.534 orang, dan 2020 sebanyak 2.694 orang.

"Jadi kalau pesantren ini fluktuatif standar setiap tahunnya seperti itu, kalau kami lihat sekolah negeri memang masih mendominasi," ujarnya.

Eddy menyebut, untuk kurikulum masih dibawah  kementrian agama (kemenag), namun secara umum masih mengacu kepada kemntrian pendidikan (Kemendikbud).

"Standar kurikulum, dan target pembelajaran tapi rata-rata masih mengacu kepada Dinas Pendidikan secara umuk, seperti ujian sekokah, dan kebijakan penerimaan peserta didik baru itu masih sama dengan kita, tapi untuk kebijakan secara umum itu di Kemenag," jelasnya. (Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved