Breaking News:

Tahun Ini 4.159 Murid Lulus SD di Pangkalpinang, Kadindik Sebut Daya Tampung SMP Masih Terpenuhi

4.159 siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) yang saat ini duduk di kelas enam, atau yang akan lulus dan masuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) tahun ini.

Penulis: Andini Dwi Hasanah | Editor: M Ismunadi
Bangkapos.com/dokumentasi
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang, Eddy Supriadi. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang, Eddy Supriadi mengatakan, ada 4.159 siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) yang saat ini duduk di kelas enam, atau yang akan lulus dan masuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) tahun ini.

Menurutnya, dengan jumlah tersebut masih sejalan dengan daya tampung SMP berkisar empat ribuan dari sekolah negeri dan swasta.

Kata Eddy, dari total jumlah lulusan SD tahun ini tidak seluruhnya masuk sekolah di Pangkalpinang, sebab ada kemungkinan 10 persennya melanjutkan sekolah diluar Kota Pangkalpinang.

Belum lagi ada yang memilih untuk melanjutkan sekolah di pesantren baik MTSN maupun pondok pesantren swasta.

Baca juga: Antisipasi Rasio Kelas yang Tidak Ideal, Pangkalpinang Akan Buka SMPN 11

Eddy menyebut, rasio kelas saat ini di SMP memang belum memenuhi standar, dimana satu kelasnya terisi 36-40 siswa.

"Kalau memenuhi tahun ini masih memenuhi, masih bisa kita tampung hanya saja rasio kelas yang kita gunakan setiap tahunnya itu yang belum ideal, kita bisa 36-40 orang dalam satu kelasnya. Secara nasional standarnga itu 32 orang nah ini kita belum standar," ungkap Eddy kepada Bangkapos.com, Jumat (28/5/2021).

Kata Eddy, untuk SD setiap tahunnya sudah ideal. Sementara SMP masih menjadi PR.

"Ini karena kita kekurangan ruang kelas, guru kita terbatas, kalau kita mau nambah ruang kelas ada kekurangan guru, makanya kita masih gunakan standar pelayanan minimal 36-40, inshaallah akan tetap tertampung," bebernya.

Menurutnya, sejak beberapa tahun terakhir pun tak ada masalah, beberapa SMP di Kota Pangkalpinang masih bisa menampung siswa-siswi yang baru masuk.

"Daya tampunng SMP kita negeri dan swasta itu ada sekitar empat ribuan juga, belum lagi itu kan masih ada Madrasah ada yeng lebih memilih keluar Kota, jadi daya tampung akan tetap cukup untuk lulusan baru tahun ini," jelasnya.

Eddy menegaskan, lulusan SD tahun ini akan siap ditampung disejumlah sekolah negeri dan swasta di Kota Pangkalpinang, hingga tak pelu khwatir tak diterima di SMP.

"Inshaallah aman cukup menampung  siswa SD yang baru lulus ini, kalau tidak bisa negeri masih ada swasta semua sekolah sama saja tidak ada bedanya, jadi jangan sampai risau tidak diterima di sekolah SMP," tururnya. (Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved