Breaking News:

Otomotif

Wajib Diperhatikan, Ini Perawatan Ringan Perpanjang Usia AC Mobil

Perawatan terhadap komponen penyejuk ruangan tersebut juga harus diperhatikan agar pengemudi dan penumpang lebih nyaman saat di perjalanan.

Editor: Ajie Gusti Prabowo
Wajib Diperhatikan, Ini Perawatan Ringan Perpanjang Usia AC Mobil
net
Ilustrasi

BANGKAPOS.COM - Fungsi AC mobil di kondisi negara tropis merupakan suatu hal yang penting.

Untuk itu perawatan terhadap komponen penyejuk ruangan tersebut juga harus diperhatikan agar pengemudi dan penumpang lebih nyaman saat di perjalanan.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar AC mobil tetap awet dan tahan lama.

Salah satunya yakni pembersihan komponen di dalam AC dan penggunaan dengan bijak.

Dealer Technical Support Dept. Head PT. Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai perawatan agar AC mobil tetap awet dan bekerja secara baik.

"Untuk bagian kabin, bisa dilakukan pembersihan atau penggantian filter kabin secara berkala. Sedangkan untuk bagian mesin, bisa melakukan pembersihan komponen penting AC seperti kondensor, kompresor, dan lainnya," kata Didi kepada Kompas.com, Jumat (28/5/2021).

Filter kabin harus dibersihkan dan dirawat dengan baik, jika dipelukan sebaiknya dilakukan penggantian filter kabin secara berkala.

Kondisi kabin yang bersih akan membuat sirkulasi udara yang masuk ke AC juga bersih.

Maka dari itu udara yang dikeluarkan juga akan bersih dan segar. Pemilik kendaraan harus memperhatikan kebersihan kabin dengan tidak membuka kaca jendela terlalu lebar.

Selain itu, jika ada banyak debu dan kotoran di mobil akan lebih mudah merusak AC terutama pada saat membuka jendela dalam kondisi AC menyala.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved