Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Berikut Ini Jadwal PPDB di Kota Pangkalpinang, Ada 4 Jalur Penerimaan, Catat Tanggal dan Syaratnya

penerimaan peserta didik baru (PPDB) sekolah TK, SD, SMP di Kota Pangkalpinang akan dijadwalakan bulan Juni nanti. Berikut jadwalnya.

Penulis: Andini Dwi Hasanah | Editor: M Ismunadi
Bangkapos.com/Dokumentasi
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang, Eddy Supriadi. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang, Eddy Supriadi mengatakan, hingga saat ini ujain akhir semester ditingkat SD dan SMP sudah selesai.

Kata Eddy untuk penerimaan peserta didik baru (PPDB) sekolah TK, SD, SMP di Kota Pangkalpinang akan dijadwalakan bulan Juni nanti.

Adapun jadwal lengkap PPDB TK, SD dan SMP a. Pendaftaran : 02 - 19 Juni 2021
b. Verifiksi : 21- 25 Juni 2021
c. Pengumuman : 26 Juni 2021
d. Daftar ulang :  28 - 30 Juni 2021

Eddy menyebutkan, pelaksanaan PPBD akan dilaksankan secara tatap muka (offline) dan online. Dan masih tetap menggunakan jalur zonasi.

"PPDB memberikan kesempatan kepada kita semua usia sekolah agar memperoleh layanan penerimaan peserta didik baru yang nondiskriminatif dan berkeadilan, objektif, transparan, akuntabel dan berkeadilan. PPDB akan kita laksanakan secara tatap muka dan ada online juga," bebernya.

Menurutnya, jalur pendaftaran PPDB meliputi zonasi, afirmasi, perpindahan orang mtua atau wali dan prestasi dengan ketentuan. Kuota jalur zonasi Paling sedikit 70% untuk tingkat SD, 50% untuk SMP dari daya tampung sekolah. Jalur afirmasi paling sedikit 15% dari daya tampung. Jalur Perpindahan orang tua paling banyak 5% dari daya tampung.

"Peserta didik hanya bisa mendaftarkan satu sekolah dalam satu zona saja," sebutnya.

Adapun ketentuan berkas pendaftaran jalur zonasi.
a. Akte kelahiran atau Surat Keterangan Lahir.
b. Kartu Keluarga atau Surat Keterangan Domosili (pengganti Kartu Keluarga) yang diterbitkan paling singkat 1 (satu) tahun sebelum pelaksanaan PPDB.
c. ljazah atau Keterangan yang menyatakan kelulusan bagi pendaftar SMP.

Sementara untuk jalur prestasi hanya berlaku bagi calon peserta didik SMP. Kata Eddy, PPDB jalur prestasi ditentukan berdasarkan rapor dan prestasi nilai akademik dan non akademik.

"Dasar rapor yang dimaksud adalah nilai pada rapor 5 (lima) semester terakhir dengan melampirkan surat keterangan peringkat 1 sampai dengan 3 secara konsisten yang ditanda tangani oleh kepala sekoiah. Prestasi non akademik adalah calon peserta didik memiliki prestasi pada bidang sains, olahraga dan seni dibuktikan dengan piagam dan sertifikat asli yang ditanda tangani pejabat berwenang dan diselenggarakan oleh lembaga pemerintah atau organisasi induk yang ditetapkan pemerintah," bebernya.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved