Breaking News:

Julukannya 'Pasukan Berjangggut', Inilah Marcos Pasukan Khusus India, Pasukan Khusus Terbaik Dunia

Mereka ditakuti di kalangan teroris sebagai "pasukan berjanggut" karena penyamaran mereka di wilayah sipil gemar memakai janggut

Editor: Iwan Satriawan
AFP/Punit Paranjpe
Pasukan Marcos lakukan simulasi operasi penyelamatan sandera di The Gateway of India di perayaan Hari Angkatan Laut, (2/12/2018). 

BANGKAPOS.COM-Pasukan khusus tak hanya dimiliki militer negara-negara barat saja. Negara-negara di Asia juga memiliki sejumlah pasukan khusus yang kesohor.

Salah satunya dari India.

Meski terbentuk jauh setelah pasukan khusus negara lainnya mulai aktif, Marcos tidak bisa dianggap remeh.

Sepak terjangnya layak diperhitungkan. Tak hanya itu, seleksi latihan ketatnya membuat siapa pun bergidik.

Mereka ditakuti di kalangan teroris sebagai "pasukan berjanggut" karena penyamaran mereka di wilayah sipil gemar memakai janggut, Marcos (Marine Commandos), adalah unit operasi khusus Angkatan Laut India.

Inisiasi pembentukan Marcos dimulai sejak perang India-Pakistan tahun 1971, dimana India mulai merintis pasukan amfibi khusus.

Selama bertahun-tahun melakukan fase uji coba, pada April 1986, Angkatan Laut India mulai merencanakannya secara serius.

Tiga perwira India kemudian dikirim untuk menjalani jadwal pelatihan keras dengan US Navy SEAL dan British Special Air Service.

Sesudah menyerap semua ilmu, para perwira ini lantas membentum inti pertama pasukan khusus yang dinamakan Marine Commando Force (MSF).

Pasukan ini selanjutnya berubah menjadi Marine Commandos (Marcos) pada Februari 1987, yang beroperasi dari pangkalan angkatan laut di Mumbai, Visakhapatnam, Goa, Kochi dan Port Blair.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved