Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Program Literasi Digital 2021, Babel Sasar 27.511 Orang Peserta

Program ini menyasar 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota dengan target peserta 1.067.854 peserta dari unsur kementerian/lembaga dan pemerintah daerah

Penulis: Iwan Satriawan (Wan) CC | Editor: Iwan Satriawan
Istimewa
Kemenkominfo dan Pemda Bangka Barat akan menggelar Webinar Nasional Literasi Digital pada 31 Mei 2021 mendatang. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA- Presiden Ir. H. Joko Widodo bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional tanggal 20 Mei 2021 telah mencanangkan Program Nasional Literasi Digital 2021.

Program ini menyasar 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota dengan target peserta 1.067.854 peserta dari unsur kementerian/lembaga dan pemerintah daerah, guru dan orangtua, pelajar/mahasiswa, ASN/TNI/POLRI, petani/nelayan/pelaku UMKM, LSM/komunitas, dan masyarakat umum lainnya, termasuk di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Program Nasional Literasi Digital nasional ini merupakan kegiatan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Direktorat Pemberdayaan Informatika, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika yang dilaksanakan oleh pihak ketiga (PT. Permata Cendikia Indonesia).

Bangka Belitung dalam Prognas Literasi Digital ini termasuk Regional 4 tergabung bersama Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu, dan Lampung.

Tahun 2021, untuk program ini di Babel menyasar Kabupaten Bangka 20 kegiatan dengan target peserta 12.150 peserta, Bangka Barat 13 kegiatan menarget 7.620 peserta, dan Bangka Selatan 12 kegiatan menargetkan 7.381 peserta.

Kegiatan tersebut akan berlangsung sepanjang bulan Juni sampai Desember 2021.

Prognas Literas Digital dikemas dalam betuk seminar online (webinar) di tiga kabupaten ini akan melaksanakan sebanyak 45 kali webinar dengan narasumber setiap kegiatan 2 orang narasumber nasional dan 2 narasumber local.

Subardi, Runner(Koordinator) wilayah Kabupaten Bangka Barat, menjelaskan maksud kegiatan ini adalah mendorong masyarakat secara masif untuk menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitif-nya dan mampu mencegah terpapar dampak negatif penggunaan internet.

Kegiatan ini merupakan kegiatan pertama yang dilakukan secara masif dan melibatkan banyak peserta secara online di Bangka Belitung,  yang persiapannya PT.PCI telah menugaskan panitia local di setiap kabupaten/kota yang menjadi sasaran.

Adapun panitia local Bangka Belitung. Runner wilayah Bangka, Dinar Pratama (HP. 085266038611), Runner wilayah Bangka Barat Subardi (HP.08117177127), dan Runner wilayah Bangka Selatan Ahmad Suwaidi (HP.083133105351).

Tanggal 31 Mei 2021 merupakan Webinar perdana wilayah Bangka Barat dengan tema Literasi Digital dalam Dunia Pendidikan yang menghadirkan narsumber Ahmad Khoiri, M.Pd (Dosen UNSIQ), Dr. Tauhid Nur Azhar (Pembina NXG), Dr. Hadarah Rajab, M.Ag (Dekan Fakultas Tarbiyah IAINSAS Babel), dan Fadhilah Sabri, ST., M.ENG (Rektor Universitas Muhammadiyah Babel).

Kegiatan ini akan diikuti mahasiswa, guru dan siswa bersalah dari seluruh wilayah kabupaten Bangka Barat dan rencanaya akan dibuka secara resmi oleh H. Sukirman, SH, Bupati Bangka Barat.

“Kami menyadari tidak mudah menjangkau 27.511 peserta yang telah ditargetkan dalam situasi pandemi dan berbagai keterbatasan akses internet di Bangka Belitung ini, namun Kami optimis target dapat dicapai dengan dukungan terutama pemerintah daerah dan masyarakat Bangka Belitung pada umumnya. Ayo kita sukseskan Literasi Digital 2021 di Babel”, pungkas Subardi.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved