Breaking News:

Advertorial

Komitmen Kesehatan untuk Masyarakat, BPJS Kesehatan Perkuat Sinergi JKN-KIS dengan Pemkab Beltim

Burhanuddin dalam sambutannya menegaskan komitmen pemerintah daerah untuk memastikan seluruh masyarakat Belitung Timur dapat terlindungi kesehatannya

Penulis: iklan bangkapos
Editor: M Ismunadi
Komitmen Kesehatan untuk Masyarakat, BPJS Kesehatan Perkuat Sinergi JKN-KIS dengan Pemkab Beltim
ist
Forum komunikasi pemangku kepentingan antara BPJS Kesehatan dan Pemkab Belitung Timur yang digelar pada Kamis (29/4/2021) lalu.

BANGKAPOS.COM, BELITUNG - Bupati Belitung Timur Burhanuddin menegaskan komitmen pemerintahan yang dipimpinnya untuk memastikan seluruh masyarakat Belitung Timur dapat terlindungi kesehatannya melalui implementasi Program JKN-KIS.

Hal itu disampaikan Burhanuddin dalam sambutannya di acara forum komunikasi pemangku kepentingan utama bersama BPJS Kesehatan, Kamis (29/4/2021).

“Komitmen Pemerintah Kabupaten Belitung Timur sudah jelas, yakni menjamin seluruh masyarakat Belitung Timur agar dapat terpenuhi kebutuhan dasar hidupnya secara layak, khususnya pada bidang kesehatan. Semangat kita senafas dengan UHC. Seluruh penduduk Beltim diharapkan bisa menikmati pelayanan kesehatan,” jelasnya.

Senada dengan hal tersebut, Wakil Bupati Belitung Timur, Khairil Anwar menyampaikan kebutuhan kesehatan masyarakat Belitung Timur merupakan yang paling utama.

“Pemerintah Kabupaten Belitung Timur pada prinsipnya siap untuk membantu terpenuhinya kebutuhan masyarakat. Apapun itu kalau dibutuhkan oleh masyarakat akan kita usahakan. Apalagi kesehatan merupakan sesuatu yang esensial. Harus terjamin,” ucapnya.

Sekadar diketahui Kabupaten Belitung Timur menjadi salah satu kabupaten yang telah mencapai Universal Health Coverage (UHC) sejak 2018 lalu.

Pencapaian prestasi ini merupakan hal yang membanggakan bagi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Seiring berjalannya waktu, Pemerintah Kabupaten Belitung Timur terus bersinergi dengan BPJS Kesehatan meningkatkan mutu pelayanan dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Salah satu caranya adalah melalui forum komunikasi pemangku kepentingan yang digelar pada Kamis (29/4/2021) lalu.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pangkalpinang, Rudy Widjajadi menyambut baik komitmen yang disampaikan oleh Pemerintah Kabupaten Belitung Timur.

“Kami sangat mengharapkan dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Belitung Timur dalam proses pendaftaran peserta JKN-KIS guna menjaga kesinambungan UHC di Kabupaten Belitung Timur. Dari peserta PBPU menunggak yang ada diwilayah Belitung Timur terdapat 4.894 peserta dari berbagai kelas rawat yang statusnya menunggak. Peserta tersebut berpotensi untuk diusulkan menjadi PBI JK dengan jumlah yang cukup besar untuk meningkatkan cakupan kepesertaan di Beltim,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Belitung Timur, Mardiana menyebut akan terus menjalin komunikasi dan koordinasi yang baik untuk mewujudkan sinergitas bersama.

“Kami akan berupaya terus untuk menjalin komunikasi dan koordinasi dengan seluruh OPD guna mewujudkan cita-cita bersama Beltim 100 persen JKN-KIS. Tentunya hal ini membutuhkan komitmen dari seluruh stakeholder yang ada. Dalam waktu dekat kami akan menindaklanjuti penyusunan edaran dari pemerintah kabupaten untuk badan usaha, tenaga kontrak dan segmen lain yang telah disepakati dalam forum ini guna memastikan kepesertaan JKN-KIS di wilayah Belitung Timur,” ungkapnya.

Kabupaten Belitung Timur saat ini tercatat UHC dengan total cakupan peserta mencapai 95,94% yakni 120.873 peserta. Jumlah tersebut masih akan terus ditingkatkan oleh pemerintah daerah dengan mendorong seluruh segmen yang masih memiliki potensi khususnya dari segmen PPU khususnya KP Desa (Perangkat Desa), tenaga kontrak, dan BLUD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung Timur.  (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved