Breaking News:

Diabetes

Penting! Terlalu Banyak Makan Gula Bukan Satu-satunya Penyebab Diabetes

Meskipun benar bahwa mengonsumsi gula dalam jumlah yang besar dapat meningkatkan risiko diabetes, asupan gula hanyalah salah satu dari penyebab

Penulis: Magang4
Editor: Dedy Qurniawan
Freepik.com
Penting! Terlalu Banyak Makan Gula Bukan Satu-satunya Penyebab Diabetes - Ilustrasi cek gula 

BANGKAPOS.COM - Diabetes adalah penyakit yang ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi/

Lantas hal itu membuat banyak orang betanya-tanya apakah makan gula memang dapat menyebabkan diabetes.

Meskipun benar bahwa mengonsumsi gula dalam jumlah yang besar dapat meningkatkan risiko diabetes, asupan gula hanyalah salah satu bagian dari teka-teki itu.

Banyak faktor lain - termasuk pola makan, gaya hidup, dan genetika secara keseluruhan yang juga dapat memengaruhi risiko.

Kali ini Bangkapos melansir dari Healthline akan peran gula dalam meningkatkan penyebab terkena diabetes dan juga beberapa tips untuk mencegah penyakit diabetes itu sendiri.

Diabetes terjadi ketika tubuh tidak lagi dapat mengatur kadar gula darah secara efektif. Hal ini terjadi ketika pankreas berhenti memproduksi cukup insulin, yang mana terjai saat tubuh menjadi resisten terhadap insulin yang diproduksi.

Insulin adalah hormon yang dibutuhkan untuk memindahkan gula keluar dari aliran darah dan masuk ke dalam sel. Apabila insulin tidak diproduksi maka akan mengakibatkan peningkatan kadar gula darah secara kronis.

Kadar gula darah yang tinggi dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan komplikasi seperti peningkatan risiko penyakit jantung, serta kerusakan saraf dan ginjal, jadi sangat penting untuk memeriksanya.

Lantas apakah benar sering mengonsumsi makanan dan minuman tinggi gula akan mengakibatkan resiko terkena diabetes lebih tinggi.

Walaupun pola makan, gaya hidup, dan genetika juga ikut berpengaruh, namun gula yang tinggi bisa mengancam kesehatan tubuh.

Halaman
123
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved