Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Satgas Covid-19 Babel Pertanyakan Beltim Tak Lakukan Tracing, Mikron: Kita Khawatir Makin Masif

Memang kalau melihat dua hari ini testing dan tracing tidak dilaksanakan. Swab sampel belum dikirim berarti ada permasalahan

Bangkapos.com/Riki Pratama
Sekretaris Percepatan, Penanganan, Satgas Covid-19 Babel, Mikron Antariksa. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Sekretaris Percepatan, Penanganan Satgas Covid-19, Bangka Belitung, Mikron Antariksa akan menanyakan ke Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, mengenai testing dan tracking yang tidak berjalan di Negeri Laskar Pelangi dalam upaya memutus penyebaran Covid-19.

"Memang kalau melihat dua hari ini testing dan tracing tidak dilaksanakan. Swab sampel belum dikirim berarti ada permasalahan ini akan ditindak lanjuti. 

Kami akan bergerak ke Beltim menanyakan yang menjadi permasalahan datanya nol, padahal kasus ada di Beltim signifikan, berarti testing dan tracing perlu ditanyakan,"jelas Mikron Antariksa kepada Bangkapos.com, Senin (31/5/2021).

Mikron menegaskan upaya testing dan tracing seharus dilaksanakan, dengan tujuan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Karena kita khawatirkan apabila tidak dilakukan testing akan berdampak pada penyebaran virus corona yang masif dan makin parah. Kita ketahui kasus di Beltim meningkat signifikan," terangnya.

Dia menjelaskan sejauh ini, setiap daerah kabupaten/kota melakukan testing dan tracing untuk melacak penyebaran Covid-19. Hanya Beltim yang tidak melaksanakan testing dan tracing.

"Proses testing dan tracing tidak dilakukan sehingga tidak menemukan kasus baru. Sementara kabupaten/kota lain posisinya walau jumlah sampel belum banyak tetapi sudah melakukan upaya testing," katanya.

Selain itu, untuk bantuan alat testing, telah dilakukan, mereka telah memberikan bantuan rapi test antigen ke Beltim untuk melakukan testing beberapa waktu lalu.

"Kita sudah distribusikan alat rapid antigen sudah ke semua kabupaten/kota, upaya ini untuk melakukam testing memutus mata penyebaran Covid-19. Selain Beltim, ada daerah lain yang nol kasusnya, seperti Basel, tetapi mereka faktornya lambat karena persoalan memasukan data saja karena beluk diinput,"katanya.

Ia mengharapkan, Kabupaten Beltim kembali dapat melakukan testing dan tracing kasus Covid-19 dan apabila terdapat permaslaahan ia mengharapkan dapat menyampaikan ke Satgas Covid-19 Babel. 

"Karena mereka juga dana refocusing sudah mengalokasikan untuk kabupaten/kota, termasuk di Beltim harus melakukan testing secara masif karena tren kasusnya meningkat,"tegasnya. (Bangkapos/Riki Pratama)

Penulis: Riki Pratama
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved