Breaking News:

Berita Sungailiat

Iskandar: Pancasila Sumber dari Segala Sumber Hukum di Indonesia

Ketua DPRD Kabupaten Bangka Iskandar mengatakan kedudukan Pancasila  selain sebagai dasar negara, juga merupakan  sumber dari segala sumber hukum.

Penulis: edwardi | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Edwardi
Ketua DPRD Kabupaten Bangka, Iskandar saat menjadi salah satu narasumber Seminar Nasional Pancasila dan Kebangsaan yang diselenggarakan Pusat Kajian Pancasila dan Kebangsaan IAIN SAS Bangka Belitung secara webinar, Selasa (01/06/2021) di Gedung Mahligai Demokrasi DPRD Kabupaten Bangka. 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Ketua DPRD Kabupaten Bangka Iskandar mengatakan kedudukan Pancasila  selain sebagai dasar negara, juga merupakan  sumber dari segala sumber hukum  di Indonesia,  serta mengandung norma-norma  yang  mengharuskan  UUD untuk mewajibkan pemerintah maupun penyelengara negara yang lain untuk memelihara budi pekerti luhur.

Hal ini disampaikan Iskandar saat menjadi salah satu narasumber Seminar Nasional Pancasila  dan  Kebangsaan yang diselenggarakan Pusat Kajian Pancasila  dan Kebangsaan  IAIN SAS Bangka Belitung secara webinar, Selasa (01/06/2021) di Gedung Mahligai Demokrasi DPRD Kabupaten Bangka.

Seminar nasional ini dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila, setiap tanggal  1 Juni.

Dikatakannya, seminar ini sangat baik karena melalui seminar tersebut masyarakat dan para generasi muda dapat mengetahui, memahami proses sejarah perumusan Pancasila.

"Dengan adanya seminar ini, kita diingatkan kembali untuk  mengetahui makna dari Pancasila  sebagai  dasar negara dan peranan Pancasila  dalam ketatanegaraan  RI, serta menambah wawasan masyarakat tentang sejarah Pancasila itu sendiri," ungkap Iskandar.

Diakui Iskandar, Provinsi Bangka Belitung umumnya, juga Kabupaten Bangka, yang penduduknya  terdiri dari  berbagai etnis, suku, ras  dan  agama memberikan warna yang cukup  baik untuk menjadi contoh  multikulturalisme dalam  kehidupan  berbangsa dan bernegara.

"Kondisi perayaan hari lahir Pancasila tahun 2021, kita rayakan dalam suasana berbeda, karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19, yang menguji daya juang  kita sebagai  bangsa, menguji  pengorbanan kita,  menguji  kedisiplinan kita, menguji  kepatuhan kita, menguji ketenangan  dalam  mengambil langkah  kebijakan  yang cepat dan tepat," jelasIskandar.

Iskandar berharap,  semoga pandemi wabah Covid-19 ini segera berlalu.  

Seminar Webinar Nasional Pancasila  dan  Kebangsaan ini mengangkat   tema ”Implementasi  nilai-nilai Pancasila  di masa pandemi Covid-19 dalam berbangsa dan bernegara”. 

Sebagai moderator,  Direktur Pasca Sarjana  IAIN SAS Babel, Dr Iskandar, keynote speaker Wakil Ketua MPR RI,  DrH Ahmad Basarah MH, pemantik diskusi Ir Rudianto Tjen, narasumber lainnya Ketua DPRD Provinsi Babel, Herman Suhadi dan lainnya. 

Kegiatan ini dihadiri di Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Bangka, H Husien Jais dan pengurus. Pengurus Badan  Kontak Majelis Taklim (BKMT) Kabupaten Bangka, Hj Encik Manah dan undangan lainnya.

(Bangkapos.com/Edwardi)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved