Breaking News:

Otomotif

Soal Keselamatan Berkendara, Fungsi Spion Motor Bukan Aksesoris

Padahal, spion memilki fungsi yang sangat penting. Alat ini membantu pengendara berkendara lebih aman ketika akan pindah jalur.

Editor: Ajie Gusti Prabowo

BANGKAPOS.COM - Spion motor termasuk ke dalam kelengkapan sepeda motor.

Sayangnya, banyak yang menganggap alat ini sebagai aksesori belaka.

Padahal, spion memilki fungsi yang sangat penting. Alat ini membantu pengendara berkendara lebih aman ketika akan pindah jalur.

Sayangnya, tak sedikit yang masih meremehkannya dengan melepas spion, menggantinya dengan ukuran yang lebih kecil, atau melipatnya.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani, mengatakan, spion berguna untuk memastikan area yang dilalui aman.

Untuk itu, posisi spion harus ada di kanan dan kiri. "Maka itu, spion punya fungsi penting dalam berkendara. Sayangnya, di lapangan banyak yang kurang sadar pentingnya spion," kata Agus, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Dengan mengganti spion menjadi lebih kecil ukurannya, maka akan semakin sulit dilihat. Sehingga, membuat area blindspot menjadi semakin besar.

Motor pun memiliki area blindspot juga. "Spion standar bawaan pabrik saja mempunyai keterbatasan pandangan karena tidak bisa menyajikan seluruh area bagian belakang. Sehingga pengendara perlu menengok ke bagian samping kanan atau kiri untuk melihat area blindspot," ujar Agus. (kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ingat Spion Motor Bukan Aksesori, Ini Soal Keselamatan"

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved