Breaking News:

Otomotif

Wajib Dipahami, Ini 5 Tips Bagi Wanita Sebelum Mengemudikan Mobil

Berdasakan penelitian di Australia, wanita memang memiliki persentase yang lebih kecil dalam risiko buruk saat berkendara dibanding pria.

Editor: Ajie Gusti Prabowo
static.news.lewatmana.com
Ilustrasi 

BANGKAPOS.COM - Berdasakan penelitian di Australia, wanita memang memiliki persentase yang lebih kecil dalam risiko buruk saat berkendara dibanding pria.

Namun, bukan berarti wanita lebih aman, karena mereka juga cenderung memiliki kebiasaan buruk saat berkendara.

"Kecelakaan serius memang lebih sering di dominasi pengemudi pria ketimbang wanita. Tapi wanita juga memiliki beberapa sifat buruk yang sadar atau tidak sadar bisa berdampak fatal," ucap Training Director Jakarta Defensive Driving Center (JDDC) Jusri Pulubuhu, saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (30/5/2021).

Menurut Jusri, sebagian wanita mungkin tidak menyadari saat berkendara ada hal-hal yang harus diperhatikan.

Karena, sebab akibatnya bukan hanya bisa merugikan diri sendiri tapi juga orang lain di sekitarnya.

"Salah satu yang sering dilakukan oleh pengemudi wanita adalah berjalan pelan. Tapi pelan pun bukan selalu berarti aman, begitu juga dengan bergerak tiba-tiba bisa berakibat merugikan pengendara lain yang berada disekitar," kata dia.

Untuk itu, Jusri memberikan lima hal wajib diperhatikan saat berkendara, khususnya bagi para kaum hawa yang setiap harinya menggunakan mobil untuk berakivitas.

1. Ketika bergerak, mulai dengan perhitungan.
Artinya bergerak sesuai kebutuhan. Perhatikan lingkungan dan beri kesempatan para pemakai jalan lain mengetahui kondisi bahwa Anda akan bergerak atau bermanuver (bisa dengan sein atau klakson).

2. Jika memerlukan pengereman pahami prosedurnya.
-Lihat spion belakang, kiri dan kanan terlebih dahulu, jika aman baru lakukan pengereman (mereka yang lain belum tentu siap memperlambat kecepatannya).

-Mengerem secara halus dan bertahap, dengan demikian pengguna jalan lain memiliki kesempatan untuk merespon gerakan Anda.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved