Breaking News:

Otomotif

Wajib Dipahami, Ini Cara Memasang Baut Ban Mobil yang Benar

Sebagai pengemudi atau pemilik kendaraan terutama roda empat, mengganti ban sebaiknya menjadi keahlian yang harus dipahami.

Editor: Ajie Gusti Prabowo
Ist/Wartakota
Ilustrasi: Ban mobil pecah 

BANGKAPOS.COM - Sebagai pengemudi atau pemilik kendaraan terutama roda empat, mengganti ban sebaiknya menjadi keahlian yang harus dipahami.

Sebab jika suatu saat ada kendala pada ban, pengemudi dapat mengatasinya sendiri.

Dengan menguasai cara mengganti ban yang baik dan benar, pengemudi akan lebih menghemat untuk biaya.

Sebab, akan ada biaya tambahan jika memanggil bengkel untuk mengganti ban.

Selain itu, keahlian mengganti ban juga bermanfaat ketika terjadi masalah pada ban saat melakukan perjalanan jauh atau perjalanan di malam hari yang jauh dari bengkel.

Dalam memasang ban, tentu ada tahapan yang harus dilalui. Salah satu tahapa yang harus dilakukan, yakni memasang baut ban.

Dealer Technical Support Dept. Head PT. Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan, pada saat memasang baut pada ban mobil ada cara yang harus diperhatikan.

"Kalau saat melepas baut, boleh asal mana dulu yang akan dilepas. Namun pada saat memasang, harus dilakukan secara menyilang atau diagonal," kata Didi kepada Kompas.com, Senin (31/5/2021).

Jadi jika yang dipasang pertama kali adalah baut bagian atas kiri, maka yang dipasang berikutnya yakni baut bawah kanan.

Begitu juga sebaliknya, jika yang dipasang pertama baut kiri bawah, maka yang berikutnya dipasang yakni baut kanan atas.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved