Breaking News:

Berita Bangka Tengah

PPDB di Bangka Tengah Mulai Pekan Depan Secara Online, Ini Empat Jalur Penerimaan dan Ketentuannya

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di wilayah Kabupaten Bangka Tengah secara online.

Penulis: Sela Agustika | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Sela Agustika
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah Iskandar 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah Iskandar mengatakan pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di wilayah Kabupaten Bangka Tengah akan dilakukan secara online.

Namun, ia menyebutkan pihaknya tetap berkoordinasi dengan pihak sekolah untuk tetap melayani pendaftaran di sekolah jika terjadi permasalahan atau gangguan pada saat pendaftaran.

"Pendaftaran memang tahun ini semuanya online, tetapi jika ada kesulitan atau menemukan permasalahan saat pendaftaran dapat langsung mengunjungi sekolah yang dituju dan akan dibantu proses pendaftarannya oleh pihak sekolah," ungkap Iskandar kepada Bangkapos.com, Rabu (2/6/2021).

Menurut Iskandar, saat ini pihaknya masih mempersiapkan aplikasi atau link pendaftraan dan berencana akan mulai melakukan PPDB  pekan depan.

"Jadi sebenarnya instruksi sudah harus mulai dilakukan pendaftaran, tetapi kita masih menunggu aplikasi yang masih di buat langsung oleh diskominfosta dan Insyaallah hari ini selesai. Rencananya paling tidak Minggu depan kita sudah mulai membuka pendaftaran siswa baru tingkat SD dan SMP ini," ujarnya.

Iskandar menjelaskan, dalam pelaksanaan PPDB pihaknya masih tetap menggunakan penerimaan melalui empat jalur, meliputi zonasi, afirmasi, perpindahan orang tua atau wali dan prestasi dengan ketentuan.

"Untuk jalur zonasi ini merupakan persentase yang terbesar yang kita pertimbangkan, sedangkan untuk afirmasi, perpindahan, dan prestasi ini juga tetap jadi lakukan," kata Iskandar.

Adapun ketentuan berkas pendaftaran jalur zonasi :
a. Akte kelahiran atau Surat Keterangan Lahir.
b. Kartu Keluarga atau Surat Keterangan Domosili (pengganti Kartu Keluarga) yang diterbitkan paling singkat 1 (satu) tahun sebelum pelaksanaan PPDB.
c. ljazah atau Keterangan yang menyatakan kelulusan bagi pendaftar SMP.
Sementara untuk jalur prestasi hanya berlaku bagi calon peserta didik SMP yang ditentukan berdasarkan raport dan prestasi nilai akademik dan non akademik.
Lalu  untuk jalur afirmasi, diperuntukkan bagi calon peserta didik yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu dan penyandang disabilitas.

Lebih lanjut, untuk jalur perpindahan tugas orang tua harus dibuktikan dengan surat sebagai berikut:
1. Surat Keputusan/Penugasan/Mutasi BUMN/BUMD, Lembaga, Kantor atau Perusahaan berbadan hukum.
2. Seleksi pendaftaran jalur Perpindahan tugas orang tuawali dilakukan dengan menentukan peringkat berdasarkan usia paling tinggi apabila terdapat kesamaan usia maka didahulukan pendaftar yang lebih awal.     

3. Ketentuan berkas pendaftaran jalur perpindahan orang tua
a. Akte Kelahiran/ Surat keterangan Lahir
b. Kartu Keluarga atau Surat Keterangan Domosili (pengganti Kartu Keluarga) yang diterbitkan paling singkat 1 (satu) tahun sebelum pelaksanaan PPDB
c. ljazah/surat Keterangan yang menyatakan kelulusan
d. Surat Keputusan/penugasan orang tua/wali dari Instansi Pemerintah.

"Intinya untuk persyaratan ini dari ke empat jalur tersebut sama dengan tahun-tahun sebelumnya," ucap Isakdar.

Ia memastikan semua anak-anak di Bangka Tengah dapat terfasilitasi pendidikan dengan layak.

"Jika memang sudah waktunya masuk sekolah, Insyaallah kita akan berusaha untuk memberikan fasilitasnya agar tidak ada anak-anak yang mau sekolah tetapi terhalang dengan pendaftaran ataupun lainnya," kata  Iskandar.

(Bangkapos.com/Sela Agustika)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved