Breaking News:

Berita Bangka Barat

Terkendala Pakta Integritas, Program Berobat Gratis dengan KTP di Bangka Barat Belum Dilaunching

Wakil Bupati Bangka Barat, Bong Ming Ming mengungkapkan, tetap optimis dalam meluncurkan program berobat gratis dengan menggunakan KTP.

Penulis: Rizki Irianda Pahlevy | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy
Wakil Bupati Bangka Barat, Bong Ming Ming saat menghadiri rapat dengan pendapat dengan DPRD Kabupaten Bangka Barat, Rabu (02/06/2021). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Wakil Bupati Bangka Barat, Bong Ming Ming mengungkapkan, tetap optimis dalam meluncurkan program berobat gratis dengan menggunakan KTP untuk masyarakat Kabupaten Bangka Barat.

Hal tersebut diungkapkan disela-sela kegiatannya, saat menghadiri rapat dengar pendapat dengan DPRD Kabupaten Bangka Barat.

"Kalau dengan UHC (Universal Health Coverge) dia berobat selama ini kan buat BPJS itu bisa 14 hari, tapi dengan adanya UHC ketika bikin hari itu juga bisa berlaku. Jadi masyarakat Bangka Barat Insyaallah cukup dengan KTP, bisa berobat gratis karena otomatis BPJS-nya bisa langsung aktif," kata Bong Ming Ming, Rabu (02/06/2021).

Namun program tersebut diketahui masih terkendala terkait pakta integritas, antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Barat dengan BPJS Kesehatan.

"Namun untuk proses pembuatan UHC ini ada yang namanya cut off begitu cut off dibuka oleh BPJS pusat, maka berlaku lah satu hari selesai kalau ini tidak dibuka maka tidak bisa berlaku UHC. Beberapa persyaratan sudah kita penuhi, tinggal persyaratan pakta integritas," jelasnya.

Lebih lanjut jika persoalan pakta integritas selesai, Bong Ming Ming menegaskan akan langsung menggelar launching program berobat gratis agar dapat segera dimanfaatkan oleh masyarakat khususnya Kabupaten Bangka Barat.

"Mereka menanyakan ini karena khawatir tatkala pakta integritas ditandatangani, dapat berdampak negatif kepada masyarakat Bangka Barat. Jadi sebenarnya semangat sama untuk kebaikan, hanya komunikasi saja. Mudah-mudahan kita berharap besok, kalau bisa dilakukan penandatanganan pakta integritas," katanya.

Dengan adanya berobat gratis hanya denga menggunakan KTP, diharapkan masalah kesehatan di Kabupaten Bangka Barat dapat teratasi.

"Anggaran Rp 11 miliyar ini adalah target untuk mencapai UHC, persoalan masyarakat yang belum masuk ya kita sudah sampaikan mekanisme dengan BPJS. Begitu ada masyarakat yang sakit, baik berobat jalan atau rawat inap dengan menunjukan KTP bisa langsung gratis," ungkapnya.

DPRD Bangka Barat Berikan Lampu Hijau

Halaman
123
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved