Breaking News:

Berita Pangkalpinang

1.065 Calon Jemaah Haji Asal Babel Batal Berangkat, Tumiran: Harap Bersabar

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan bahwa pemerintah tidak memberangkatkan jemaah haji Indonesia 1442 H/2021 M.

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: Fery Laskari
Bangkapos.com/Dok
ILUSTRASI: Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pangkalpinang melalui Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh menggelar simulasi manasik haji di Asrama Haji Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Senin (29/04/2019). 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan bahwa pemerintah tidak memberangkatkan jemaah haji Indonesia 1442 H/2021 M.

Hal ini sesuai Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 660 tahun 2021 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1442 H/2021 M.

Maka ada sebanyak 1.065 calon jemaah haji tahun 2021 berasal dari Bangka Belitung yang batal berangkat haji.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemeneterian Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Drs H Tumiran Ganefo, MH.

"Pak menteri sudah mengeluarkan surat putusan itu, sehingga semuanya batal demi keselamatan bersama. Jadi tidak ada calon jemaah haji yang berangkat tahun ini," ujar Tumiran, Kamis (3/6/2021).

Lebih lanjut, Dia mengatakan calon jemaah haji yang batal berangkat ini nanti akan diberangkatkan pada tahun berikutnya sesui daftar urut keberangkatan yang terdaftar pada siskohat tinggal nanti ditentukan jatah jumlah untuk masing-masing provinsi.

"Kami hanya meneruskan kebijakan Arab Saudi melalui pemerintah kita, karena begitu keputusannya, apa boleh buat. Hanya saja bila Covid-19 mereda akan ada koordinasi lagi untuk tahun berikutnya. Kalau bisa ada penambahan kuota karena tahun ini tidak ada keberangkatan," kata Tumiran.

Dia berharap calon jemaah haji untuk berlapang dada dan menerima keputusan ini dengan bijak.

"Ini adalah cobaan kita semua, pemerintah memandang ini sesuatu bijak karena ini demi keselamatana bersama. Allah tentu memiliki rencana lain mengenai ini, jemaah sabar terlebih dulu," kata Tumiran. (Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved