Breaking News:

Eti Kaget Ibadah Haji 2021 Dibatalkan, Kerinduan Bersama Keluarga ke Tanah Suci Tertunda Lagi

Pemerintah Indonesia telah menetapkan bahwa keberangkatan calon jamaah haji 2021 telah dibatalkan.

istimewaTangkapan layar
Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas dalam live Konferensi Pers Penjelasan Kebijakan Penyelenggaraan Ibadah Haji 1442 H/ 2021 M, Kamis (03/06/2021) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Pemerintah Indonesia telah menetapkan bahwa keberangkatan calon jamaah haji 2021 telah dibatalkan. Adanya pembatalan tersebut dilakukan dengan alasan pertimbangan pandemi Covid-19 masih yang masih belum terkendali.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas atau yang biasa disapa Gus Yaqut dalam live Konferensi Pers Penjelasan Kebijakan Penyelenggaraan Ibadah Haji 1442 H/ 2021 M pada Kamis (03/06/2021) pukul 13.30 WIB.

"Kami pemerintah melalui Kemenag, menerbitkan Keputusan Menteri Agama Nomor 660 Tahun 2021, tentang pembatalan keberangkatan jamaah haji 2021," ujar Gus Yaqut.

Gus Yaqut mengatakan bahwa adanya pembatalan ini juga karena belum adanya kepastian dari Pemerintah Arab Saudi terhadap Indonesia. Diungkapkannya Pemerintah Arab Saudi belum membuka akses layanan ibadah haji 2021.

"Ini tidak hanya terjadi Indonesia, tapi semua negara. Jadi sampai saat ini belum ada negara yang mendapat kuota, karena penandatanganan Nota Kesepahaman belum dilakukan," lanjutnya.

Gus Yaqut berharap semoga pembatalan ini adalah keputusan terbaik yang dapat diterima semua pihak, termasuk calon jamaah haji.

Sementara itu, seorang calon jamaah haji asal Sungailiat, Kabupaten Bangka, Eti Koma mengaku sedih lantaran ia kembali tak dapat melaksanakan ibadah haji di tahun ini.

Melalui sambungan telepon kepada Bangkapos.com, Kamis (03/06/2021) Eti bercerita bahwa ia dan keluarganya sudah sangat menunggu-nunggu informasi dari Konferensi Pers dari Kemenag RI hari ini yang mengumumkan jadi atau tidaknya keberangkatan calon jamaah haji tahun ini.

"Kaget waktu mengetahui informasi dari Konferensi Pers dari Kemenag RI bahwa keberangkatan haji ternyata dibatalkan pembatalan ini, dan tentunya sedih karena keberangkatan kami sudah beberapa kali ditunda seperti ini," ujar Eti.

 ASN yang bekerja di Dinas Kabupaten Bangka ini sudah sangat sudah mendambakan dapat pergi ke tanah suci tahun ini bersama keluarga yang terdiri dari suami, kakak, dan kakak iparnya.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved