Breaking News:

IAIN SAS Babel gelar Simulasi Visitasi Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi

Tim asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) lakukan asesmen lapangan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Penulis: Iklan Bangkapos | Editor: El Tjandring
IAIN SAS Babel gelar Simulasi Visitasi Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi
IAIN SAS Bangka Belitung
Asesmen lapangan daring

BANGKAPOS.COM - Tim asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) lakukan asesmen lapangan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) terhadap perguruan tinggi IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung, Kegiatan asesmen lapangan ini dilaksanakan pada tanggal 4-5 Juni 2021 secara virtual melalui aplikasi Zoom.

Tiga orang asesor yang didelegasikan BAN-PT tersebut, yakni Dr.Akhmad Rifai, M.Phil (Dosen Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga), Ir. Subagyo, Ph.D. (Dosen Universitas Gadjah Mada) dan Prof. Dr. Seger Handoyo (Guru Besar Universitas Airlangga) Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (APT) IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung lakukan briefing dan simulasi Asesmem Lapangan Daring di Ruang Rapat Lantai II Gedung Terpadu IAIN SAS Babel.

Briefing ini dipimpin Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan Dr. Rusydi Sulaiman, M.Ag dan dihadiri oleh beberapa elemen yaitu Bagian Akademik Fakultas, Pascasarjana, TIPD, LPPM, LPM dan para Dosen. 

Kegiatan briefing ini diisi dengan pembahasan dari berbagai hal yang menyangkut persiapan akreditasi, di antaranya adalah pembahasan tentang persiapan data akademik, data mahasiswa, data alumni, data tenaga kependidikan, persiapan jaringan internet dan dilanjutkan dengan perevisian beberapa hal yang menyangkut akreditasi, serta bukti/dokumen yang telah dikumpulkan guna memberikan kejelasan, sehingga isi tulisan sesuai dengan standar, sesuai dengan fakta yang ada, dan juga agar tidak ada kendala saat asesmen nanti sehingga mendapatkan hasil yang maksimal.

Tim Panitia Persiapan Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) IAIN SAS Bangka Belitung. Dr. Rusydi Sulaiman, M.Ag selaku Wakil Rektor I menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada Jajaran Pimpinan dan Tim APT yang telah bekerjasama dalam menyelesaikan dokumen APT.

“Akreditasi menjadi tolak ukur bagaimana kita sudah bekerja selama ini, hasil akreditasi akan menjadikan kita untuk terus melakukan perbaikan dengan adanya beberapa catatan-catatan. Bukan hanya pimpinan saja yang memiliki peran dalam akreditasi ini, akan tetapi semua memiliki perannya masing-masing, apalagi jika APT dilakukan secara Online. Dengan adanya simulasi ini bisa menjadi awal untuk mempersiapkan AL yang sesungguhnya nanti,” jelasnya.

Rusydi juga memberikan semangat dan apresiasi kepada tim akreditasi dan berharap semoga proses asesmen nantinya berjalan lancar dan memperoleh hasil yang terbaik.

“Perlu kesatuan langkah, kesatuan paham, kesatuan hati, sehingga kita saling menguatkan. Tentu sekali lagi atas nama Wakil Rektor yang membidangi Akademik, saya menyampaikan apresiasi kepada tim akreditasi APT" ujar Rusydi.

Ketua LPM Dr. Irawan, M.S.I. memastikan proses Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) berjalan maksimal dengan harapan mendapatkan nilai baik sekali atau unggul. Simulasi ini bertujuan untuk memantau persiapan Tim Akreditasi Perguruan Tinggi terutama berkaitan dengan berbagai dokumen dan data pendukung seperti sistem tata pamong, sarana dan prasarana, sumber daya manusia dosen, jumlah mahasiswa, masa studi  mahasiswa, masa tunggu lulusan untuk masuk ke dunia kerja, keuangan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan sebagainya.

Irawan menyampaikan bahwa ini merupakan simulasi terakhir sebelum pelaksanaan AL setelah sebelumnya diadakan beberapa rangkaian persiapan APT seperti Overview Dokumen LED dan LKPT bersama Jajaran Pimpinan dan Tim APT.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved