Breaking News:

Jangan Langsung Dibuang, Berikut 7 Cara Kreatif Mengolah Sisa Makanan

Limbah makanan tidak hanya menghabiskan sumber daya alam, tetapi juga meningkatkan emisi gas rumah kaca dan berkontribusi terhadap perubahan iklim

Tribunnews.com
Ilustrasi Sampah Makanan 

BANGKAPOS.COM - Limbah makanan adalah masalah serius, tidak hanya menghabiskan sumber daya alam, tetapi juga meningkatkan emisi gas rumah kaca dan berkontribusi terhadap perubahan iklim

Untuk meminimalisir hal tersebut kita dapat mengambil beberapa langkah untuk mengurangi limbah makanan, termasuk merencanakan membeli makanan sebelumnya, hanya membeli apa yang dibutuhkan, dan mempraktikkan penyimpanan makanan yang tepat.

Menggunakan sisa makanan daripada membuangnya adalah cara sederhana lain untuk mengurangi limbah, meminimalkan dampak lingkungan Anda, dan menghemat uang.

Berikut adalah 10 ide kreatif dilansir dari helathline untuk mengurangi limbah makanan.

1. Acar kulit semangka

Semangka adalah buah pelepas dahaga yang sering kita konsumsi, apalagi Indonesia terkenal dengan iklim tropis. Tetapi kulitnya sering dibuang dan hanya mengambil daging buah semangka yang manis.

Namun, Anda bisa menyimpan kulit semangka dan mengasinkannya untuk camilan yang renyah dan memuaskan.

Seperti mengasinkan buah dan sayuran lainnya, Anda merebus kulitnya dalam campuran cuka, air, gula, dan garam sampai lunak, lalu menyimpannya di lemari es sampai Anda siap untuk menikmatinya.

2. Coba buat kaldu tulang

Daripada membeli kaldu tulang kemasan atau campuran bubuk yang mahal, Anda bisa membuat kaldu tulang sendiri di rumah dengan menyimpan sisa tulang dari daging.

Halaman
123
Penulis: Magang4
Editor: Dedy Qurniawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved