Breaking News:

Mengenal Apa Itu Skin Barrier: Fungsi, Cara Melindungi, dan Produk Perawatan yang Direkomendasikan

Skin barrier pada kulit khususnya kulit wajah sangat penting untuk dijaga. Pasalnya skin barrier adalah lapisan utama pelindung alami kulit.

Penulis: Magang4
Editor: Dedy Qurniawan
Tribunnews.com
Ilustrasi skin barrier 

BANGKAPOS.COM - Rak-rak toko kecantikan seringkali dipenuhi dengan produk yang bertujuan untuk melindungi dan meremajakan kulit. Beberapa masalah kulit yang sering ditemui adalah kulit kering sampai terkelupas.

Beberapa produk tersebut diaplikasikan pada kulit terluar wajar atau skin barrier

Tapi sebenarnya apa sih skin barrier? apa tujuannya, dan apa yang bisa menyebabkan kerusakan?

Kali ini Bangkapos merangkum dari beberapa sumber akan membantu menjawab pertanyaan tersebut dan juga menjelajahi langkah-langkah yang dapat diambil untuk melindungi dan memulihkan lapisan pertahanan vital ini.

Skin barrier dan fungsinya

Kulit Anda terdiri dari lapisan, yang masing-masing melakukan fungsi penting dalam melindungi tubuh Anda.

Lapisan terluar, yang disebut stratum korneum sering digambarkan sebagai dinding bata. Ini terdiri dari sel-sel kulit keras yang disebut corneocytes yang terikat bersama oleh lipid seperti mortar. Ini adalah penghalang kulit Anda.

Di dalam sel kulit, atau "batu bata", akan ditemukan keratin dan pelembab alami. Lapisan lipid mengandung kolesterol, asam lemak, dan ceramide.

Dinding bata tipis ini benar-benar membuat Anda tetap hidup. Tanpa itu, segala macam racun dan patogen lingkungan yang berbahaya dapat menembus kulit Anda dan mendatangkan malapetaka di tubuh Anda.

Selain itu, tanpa penghalang kulit Anda, air di dalam tubuh Anda akan keluar dan menguap, membuat Anda benar-benar dehidrasi.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved