Breaking News:

Otomotif

Wajib Dipahami, Ini Tips Bersihkan Kerak di Ruang Mesin Mobil

Salah satu yang menyebabkan adanya suara ngelitik atau dikenal knocing pada mesin mobil karena adanya kerak pada ruang mesin.

Editor: Ajie Gusti Prabowo
Radityo Herdianto
Ilustrasi. Ruang Mesin Mobil 

BANGKAPOS.COM - Salah satu yang menyebabkan adanya suara ngelitik atau dikenal knocing pada mesin mobil karena adanya kerak pada ruang mesin.

Kotoran di dalam ruang bakar ini bisa disebabkan oleh penggunaan bahan bakar yang nilai oktannya tidak sesuai dengan yang direkomendasikan.

Sehingga, ruang bakar menjadi kotor, lama-kelamaan akan menimbulkan kerak.

Hal ini tentu membuat pengemudi tidak nyaman saat mengendarai mobilnya, apalagi saat mobil berakselerasi suara akan semakin terdengar jelas.

Jika belum parah, mesin yang ngelitik memang tidak akan berdampak banyak pada kondisi mesin.

Tapi, bukan berarti kondisi ini bisa disepelekan oleh pemilik kendaraan. Sebab, jika didiamkan perfoma mobil kesayangan bisa saja menurun hingga komponen mobil mengalami kerusakan yang lebih parah.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, suara ngelitik yang disebabkan karena kerak di ruang mesin bisa diatasi dengan mudah.

"Sesekali mobil digeber dalam kecepatan dan jarak tertentu, yang penting jangan sampai melebihi batas redline pada pandel RPM atau tachometer," ucap Didi kepada Kompas.com belum lama ini.

Sementara itu, untuk posisi gigi yang digunakan saat menggeber mobil disesuaikan dengan keinginan pengemudi.

Didi menambahkan, tidak ada aturan baku pada gigi berapa mobil harus digeber untuk merontokkan kerak mesin.

"Kalau belum parah, kerak pada ruang bakar bisa rontok dengan menggebernya. Tapi kalau sudah parah atau banyak bisa menggunakan cara lain seperti menggunakan bahan chemical untuk membersihkan ruang bakar," kata dia. (kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Mudah Bersihkan Kerak di Ruang Mesin Mobil"

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved