Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Haji 2021 Ditunda Lagi, Begini Kata Ketua Forum Haji dan Umroh Bangka Belitung

Ketua Forum Haji dan Umroh Babel H Abdul Gani, S.Ag mengatakan soal pembatalan keberangkatan haji kergantung kesepakatan jemaah dengan travel.

Penulis: Widodo | Editor: El Tjandring
AFP/HO/SAUDI MINISTRY OF MEDIA
Ilustrasi Ibadah Haji - Pemerintah melalui Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas resmi mengumumkan pembatalan keberangkatan haji tahun 2021. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Pemerintah melalui Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas resmi mengumumkan pembatalan keberangkatan haji tahun 2021.

Ketua Forum Haji dan Umroh Bangka Belitung sekaligus pihak Travel PT Gunawan Era Wisata, H Abdul Gani, S.Ag mengatakan terkait pembatalan keberangkatan haji dan pihaknya selaku agen travel haji dan umroh tidak ada jemaah haji dan hanya jemaah umroh.

"Kalau di travel kita enggak ada yang berangkat, di Babel ini sepengatahuan saya kalau travel itu belum ada yang batal, mereka hanya mengkoordinir dan selebihnya diserahkan ke Jakarta atau travel-travel yang ada di luar Bangka Belitung," jelasnya kepada Bangkapos.com, Jumat (4/6/2021).

Menurutnya, pembatalan ini di travel haji plus tergantung kesepakatan antara travel dan jemaah, misalnya jemaah tidak mau nunggu lagi dan mengundurkan diri dan kebijakan ada di travel.

"Kalau ada jemaah yang haji plus berurusan dengan kantor cabang yang ada di sini (Babel-red) mungkin pengurusan nanti mengacu kepada kantor pusat untuk penyelesaian," katanya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, setelah adanya pengumuman pembatalan haji tahun ini dan untuk batal atau ditunda tergantung kedua belah pihak.

"Tidak tahu batal atau ditunda keberangkatannya juga tergantung kedua belah pihak. Seperti jemaah umroh jadwal berangkat sebelum Covid-19, tahu-tahunya tidak berangkat dan menunggu sampai normal," ungkapnya.

"Kalau dari travel kami tidak ada yang haji plusnya, kalau umroh ada beberapa orang. Jika mereka mau mengundurkan diri kami selesaikan dan kalau mau nunggu tetap nunggu," sambungnya.

Dirinya melanjutkan, sama juga dengan haji plus misalnya ada yang ingin mengundurkan diri karena masih lama menunggu. Intinya kesepakatan kedua belah pihak.

Namun apa bila kedua belah pihak antara travel dan jamaah tidak menemukan cara terbaik atau masih jalan buntu, kemudian melaporkan ke Departemen Agama, sehingga pemerintah yang menyelesaikannya.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved