Breaking News:

Otomotif

Bisa Tiba-tiba Padam, Ini Cara Mudah Bikin Umur Aki Motor Matik Lebih Awet

Khusus untuk aki sepeda motor matik skutik, sangat bergantung pada bagimana cara pengunaan dari pemilik kendaraan.

Editor: Ajie Gusti Prabowo
Aziz Atthoriq
Aki motor yang sedang disetrum ulang 

BANGKAPOS.COM - Peran aki untuk motor-motor keluaran baru cukup krusial. Efeknya bisa tiba-tiba motor mati dan tidak bisa dihidupkan. Makin repot jika hal seperti itu terjadi di tengah rutinitas yang padat.

Khusus untuk aki sepeda motor matik skutik, sangat bergantung pada bagimana cara pengunaan dari pemilik kendaraan.

Kepala Mekanik Bengkel AHASS Daya Adicipta Motora (DAM) Wahyudin mengatakan, untuk skutik yang masih dilengkapi dengan kick stater alias sistem engkol, sebaiknya setiap pagi saat pertama kali dihidupkan jangan memakai electric starter tapi di engkol.

"Kunci kontak off, selah dulu 3-5 kali supaya mesin ada friksi awal agar pelumas bergerak, kemudian kunci kontak on, hidupkan dengan kick starter," ucap Wahyudin, belum lama ini kepada Kompas.com.

"Teknik ini bagus dilakukan buat menjaga umur aki supaya pada pagi hari aki tidak kaget disuruh langsung kerja muterin mesin lewat electric starter," kata dia.

Adapun untuk skutik yang sudah tidak memiliki kick stater seperti Vario Series baru atau Yamaha Nmax dan Aerox, pabrikan sudah mempersiapkan dengan tambahan teknologi lain.

"Vario sekarang sistem starter-nya dilengkapi teknologi yang meringankan memutar mesin, karena tegangan digandakan pada altenator (ACG) sehingga aki tidak begitu besar mengeluarkan arusnya. Jadi diklaim umur aki pun lebih panjang," ucap Wahyudin. (kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Mudah Bikin Umur Aki Motor Matik Lebih Awet"

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved