Breaking News:

Lonjakan Kasus Harian Covid-19 di Babel Sempat Tempati Posisi ke-8 Nasional, Ini Penyebabnya

Angka kasus Covid-19 di Kepulauan Bangka Belitung mengalami lonjakan signifikan pada Jumat (4/6/2021) dan menempati posisi ke-8 kasus harian

Penulis: Iwan Satriawan | Editor: Iwan Satriawan
Darwinsyah/BangkaPos
Ilustrasi Stop Covid-19 

BANGKAPOS.COM- Angka kasus Covid-19 di Kepulauan Bangka Belitung mengalami lonjakan signifikan pada Jumat (4/6/2021) dan menempati posisi ke-8 kasus harian nasional.

Namun satu hari selanjutnya yaitu Sabtu (5/6/2021) kasus peningkatan Covid-19 Babel turun ke posisi ke 11 nasional.

Tercatat jumlah yang terkonfirmasi positif dari uji Polymerase Chain Reaction (PCR) sebanyak 279 orang.

Dengan demikian angka penderita Covid-19 di Kepulauan Bangka Belitung mencapai 18.925 orang, atau terjadi penambahan 1.174 orang dalam sepekan terakhir.

Juru Bicara Satgas Covid-19, Andi Budi Prayitno mengatakan penambahan angka pandemi yang cukup signifikan menempatkan Kepulauan Bangka Belitung di posisi ke-8 kasus harian Covid-19 nasional.

"Orang yang terkonfirmasi Covid-19 pekan ini naik dibandingkan dengan pekan sebelumnya," kata Andi dalam keterangan tertulis yang dikutip, Sabtu (5/6/2021) dari kompas.com.

Andi menuturkan, penularan Covid-19 masif terjadi pada tiga daerah yakni Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, dan Kabupaten Bangka Barat.

Kemudian disusul Kabupaten Bangka Tengah, Kabupaten Belitung, Kabupaten Belitung Timur, dan Kabupaten Bangka Selatan.

Sementara orang yang meninggal dunia akibat Covid-19 turun dibandingkan pekan sebelumnya, dengan lokasi utama di Kabupaten Bangka, Kota Pangkalpinang, Kabupaten Belitung dan Kabupaten Bangka Tengah.

"Penularan Covid-19 yang masif dan lonjakan kasus kematian akibat Covid-19 di sejumlah daerah ditengarai karena meningkatnya mobilitas masyarakat di fasilitas publik untuk aktivitas ekonomi, pendidikan, tak terkecuali aktivitas keagamaan dan rekreasi lantaran melalaikan Protokol Kesehatan (Prokes)," ujar Andi.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved