Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Angka Perceraian Meningkat, Gubernur Bangka Belitung Bentuk Badan Penasehat Pembinaan Perkawinan

Babel Erzaldi Rosman, mendorong terbentuknya Badan Penasehatan, Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan

Penulis: Riki Pratama | Editor: khamelia
Diskominfo Babel
Gubernur Babel, Erzaldi Rosman 

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Untuk menekan usia pernikan dini dan perceraian di Bangka Belitung, Gubernur  Babel Erzaldi Rosman, mendorong terbentuknya Badan Penasehatan, Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4).

Diketahui pembentukan organisasi ini sebagai mitra Kementerian Agama dan instasi terkait dalam upaya meningkatkan kualitas perkawinan umat Islam.

"Dengan adanya organisasi ini diharapkam dapat membantu permasalahan tingkat pernikahan dini dan perceraian di Bangka Belitung yang cenderung meningkat,"kata Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman, Minggu (6/6/2021).

Menurutnya hal ini menjadi perhatian Pemerintah Provinsi Bangka Belitung, dalam upaya menahan laju pernikahan dini dan perceraian di Babel.

"Kondisi ini sangat memprihatinkan, mengingat dampak akan kepada kualitas sumber daya manusia di Bangka Belitung,"terangnya.

Diketahui, berdasarkan data Dinas Pendidikan Provinsi Bangka Belitung mendata sejak 2019 hingga 2021 sebanyak 2.348 siswa tingkat SMA/SMK di Babel Drop Out (DO) keluar sekolah dari total jumlah 112.000 siswa di Babel.

Penyebab yang paling menonjol karena kasus pernikahan dini didahului oleh kehamilan yang tidak direncanakan.

Kepala Dinas Pendidikan, M Soleh, mengatakan faktor tertinggi DO terjadi karena pernikahan dini.

" Karena yang DO mungkin kurang motivasi rendah, tidak sesuai jurusan, kepedulian keluarga tidak ada, sehingga mereka harus mencari nafkah dan pengaruh game online,"kata Soleh.

Soleh menambahkan, apabila anak berlebihan bermain game berdampak pada tugas dan kewajiban sebagai pelajar tidak dilakukan.

"Kalau mereka sudah berkeluarga tidak dapat lagi menempuh pendidikan formal tetapi bisa melanjutkan ke pendidikan kesetaraan ujian paket untuk dapat melanjutkan,"jelasnya. (Bangkapos/Riki Pratama)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved