Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Buaya Kembali Muncul di Kolong Kepuh, Warga Kelurahan Bacang Mulai Resah

Warga Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung kembali dihebohkan dengan kemunculan seekor buaya berukuran dua meter

Penulis: Magang1 | Editor: khamelia
(Bangkapos/Cepi Marlianto)
Hairul warga sekitar saat memancing di Kolong Kepuh, Senin (7/6/2021). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Warga Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung kembali dihebohkan dengan kemunculan seekor buaya berukuran dua meter, Minggu (6/6/2021) siang.

Buaya tersebut muncul di Kolong Kepuh, Kelurahan Bacang, Kecamatan Bukit Intan. Di sana lah, buaya menampakkan diri dan menjadi tontonan warga setempat.

Menurut Hairul (50) warga sekitar, ada dua ekor buaya dengan ukuran yang beragam di kolong itu.

Buaya kecil berukuran dua hingga tiga meter sedangkan buaya besar berukuran sekitar empat meter. Keduanya kerap menampakkan diri ke permukaan dan tak jarang berjemur di daratan sekitar.

"Kemarin siang buaya muncul di sana (Kolong Kepuh-red) di atas gundukan pasir warnanya kuning kehitaman. Saya kira orang ramai-ramai ada kecelakaan ternyata ada buaya. Ukurannya sekitar dua meter. Banyak juga warga yang melintas memfoto buaya," ujar Hairul kepada Bangka Pos, Senin (7/6/2021) pagi. 

Hairul mengatakan, buaya tersebut sering muncul saat banjir. Selain itu, pada malam hari buaya juga sering berenang dengan leluasa di Kolong tersebut.

Ia juga mengaku sering melihat buaya muara tersebut saat memancing ikan.

"Waktu saya mancing juga sering melihat buaya itu, kadang kepalanya saja yang terlihat di pinggiran kolong. Tetapi, setelah matanya saya sorot dengan senter buayanya langsung lari," terang dia.

Kendati sering ke daratan, reptil ganas tersebut belum pernah menyerang warga. Namun, masyarakat sekitar juga merasa resah dengan kemunculan buaya tersebut karena ditakutkan terjadi hal yang tidak diinginkan.

"Resah lah apalagi kalau banjir, terlebih anak-anak kan dulu sering mandi di sini. Semenjak ada buaya mereka tidak diperbolehkan bermain di dekat kolong," sebut Hairul. 

Sementara itu, Ali (40) seorang pencari ikan di Kolong Kepuh mengaku terbiasa dengan kemunculan buaya tersebut.

"Sudah biasa buaya itu muncul. Kalau siang-siang begini saya sedang cari ikan kadang berenang ke hulu buayanya," kata Ali.

Lebih lanjut, apabila buaya tersebut muncul di dekatnya, Ali biasa langsung bergegas untuk meninggalkan perairan dan segera naik ke daratan.

"Kalau muncul di dekat saya, saya langsung naik ke atas biasanya kepala buaya terlihat saat berenang," ungkapnya. (Bangkapos/Cepi Marlianto)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved