Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Pertengahan Bulan Juni Ini, Bangka Belitung Diprakirakan Memasuki Musim Kemarau

Musim kemarau di wilayah Bangka Belitung diperkirakan akan dimulai pada pertengahan bulan Juni 2021 ini.

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: khamelia
Bangkapos.com/Resha
Sungai Spiritus yang berada di kawasan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terlihat menyusut saat musim kemarau, Jumat (20/9/2019). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Musim kemarau di wilayah Bangka Belitung diperkirakan akan dimulai pada pertengahan bulan Juni 2021 ini.

"Berdasarkan hasil prakiraan musim, untuk musim kemarau tahun 2021 di wilayah Babel diprakirakan sekitar bulan Juni pertengahan (Juni dasarian 2)," ujar Pengamat Meteorologi dan Geofisika (PMG) Pertama Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Kelas IV Koba Bangka Tengah, Aflah saat dikonfirmasi bangkapos.com, Senin (7/6/2021).

Namun sebagian wilayah Bangka Belitung diprakirakan terjadi di akhir bulan Juni (Juni dasarian 3)

"Sekarang masih masa transisi dari musim hujan ke kemarau, Untuk musim kemarau ditandai dengan curah hujan selama 1 dasarian (10 hari), jumlahnya kurang dari 50 mm dan diikuti minimal 3 dasarian berikutnya," kata Aflah.

Lebih lanjut, Dia menerangkan rentang waktu terjadi musim kemarau di Bangka Belitung sampai bulan September 2021.

"Untuk musim kemarau 2021 kita baru memprediksi awal musim, karena untuk mmprediksi akhir musim sama seperti memprediksi awal musim berikutnya yang mana pembuatan prakiraan musim dilakukan dengan kesepakatan nasional. Tapi kalau dlihat secara normalnya untuk musim kemarau di Bangka Belitung terjadi sampai bulan September," kata Aflah.

Sementara untuk, fenomena alam seperti kekeringan dan ada titik panas di musim kemarau nanti diprakirakan normal

"Dilihat dri monitoring prakiraan fenomena iklim lainnya tidak berdampak signifikan terhadap musim kemarau tahun ini sehingga untuk musim kemarau tahun ini kemungkinan besar normal," kata Aflah.

Bangkapos.com/Cici Nasya Nita

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved