Breaking News:

Info Kesehatan

Simak Apa Saja, Tips Menghindari Gangguan Asam Lambung Tanpa Ribet

Meskipun banyak orang memilih untuk mengabaikan refluks, hal itu dapat menyebabkan asma, radang tenggorokan, atau kesulitan menelan

Freepik
Ilustrasi Sakit Asam Lambung 

BANGKAPOS.COM - Gangguan asam lambung yang dikenal dengan nama refluks merupakan penyakit lambung kronis yang menyebabkan asam lambung keluar dari lambung melalui kerongkongan.

Gejala refluks yang paling khas adalah sensasi terbakar di tenggorokan dan sekitar dada serta rasa ada sesuatu yang menempel di tenggorokan, tenggorokan gatal dan iritasi pada esofagus yang disebabkan oleh asam lambung.

Meskipun banyak orang memilih untuk mengabaikan refluks, hal itu dapat menyebabkan asma, radang tenggorokan, atau kesulitan menelan.

Saat makan sesuatu, makanan akan melunak dengan bantuan air liur dan mengalir ke perut melalui kerongkongan.

Biasanya, otot perut melenturkan dan mencegah makanan keluar.

Namun, otot perut pasien yang menderita penyakit refluks tidak cukup kuat untuk menjaga area antara perut dan esofagus tetap tertutup.

Studi yang dilakukan oleh para ilmuwan menunjukkan bahwa penurunan kadar asam lambung mengakibatkan otot perut rusak sehingga tidak dapat melenturkan secara teratur.

Refluks bukanlah penyakit yang muncul secara tiba-tiba.

Semua aktivitas yang menyebabkan tekanan perut meningkat termasuk makan berlebihan dan makan cepat serta memakai korset memicu penyakit gastroesophageal reflux yang bahkan bisa berujung pada kanker esophagus.

Ada unsur fisiologis yang menyebabkan penyakit refluks. Makanan yang kita makan disimpan dua hingga tiga jam di perut sampai cukup lembut untuk dicerna di usus.

Halaman
123
Editor: M Zulkodri
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved