Breaking News:

Berita Pangkalpinang

HET Gas Elpiji 3 Kilogram Masih Rp 15.900 Per Tabung, Belum Terjadi Kenaikan Harga

Harga Eceran Tertinggi (HET) elpiji tabung 3 kilogram di Bangka Belitung masih berkisar Rp 15.900 per tabung.

Dok/Bangkapos.com
Warga Belinyu antri untuk mendapatkansatu tabung gas elpiji 3kg 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Harga Eceran Tertinggi (HET) elpiji tabung 3 kilogram di Bangka Belitung masih berkisar Rp 15.900 per tabung. Belum terjadi kenaikan HET hingga saat ini dilakukan Pemprov Babel.

Padahal beberapa waktu lalu gubernur sempat menyampaikan akan melakukan kenaikan HET gas elpiji 3 kilogram menjadi Rp 19.500 per tabung.

Kabag SDA BUMD dan Penyertaan Modal, Biro Perekonomian dan Administrasi Pembanguanan Setda Pemprov Babel, Doni Golput, mengatakan, kenaikan HET belum terjadi karena adanya beberapa pertimbangan.

"Memang ada usulan keinginan menaikan HET gas elpiji sudah lima tahun ini terjadi, Tetapi, keputusanya baru ditangan gubernur sebagai pimpinan yang melakukan pertimbanganya. Ia melihat dari faktor perekonomian harus harus dipikirkan, melihat daya beli, jangan sampai diabaikan gubernur melihat itu," jelas Doni kepada Bangkapos.com, Selasa (8/6/2021) ditempat kerjanya.

Ia menerangkan, untk HET gas elpiji 3 kilogram di Kota Pangkalpinang Rp 15.900 per tabung.

Kemudian apabila di luar Pangkalpinang jarak radius mencapai 60 kilometer terdapat penambahan harga sesuai dengan kebijakan pimpinan daerah di kota/kabupaten.

"Kalau di Sungailiat masih sama HET nya, tetapi kalau lebih dari 60 kilometer dari Pangkalpinang itu penambahan harga perkilonya tergantung surat keterangan bupatinya," kata Doni.

Kemudian untuk Kabupaten Belitung, menurut Doni, masih didistribusikan dari Pulau Bangka, karena belum beroperasinya SPBE yang berada di daerah Badau dan Juru Seberang.

"Bila SPBE itu sudah resmi selesai maka di Bitung tidak akan terjadi kelangkaan lagi. Pastinya kelangkaan gas elpiji tidak akan terjadi lagi. Karena tengki yang ada di SPBE nya besar dapat mengkaper beberapa daerah," jelasnya. (Bangkapos.com/Riki Pratama)

Penulis: Riki Pratama
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved