Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Ibadah Haji 2021 Dibatalkan, CJH di Babel Belum Ada yang Tarik Uang Pelunasan

belum ada satupun calon jemaah haji (CJH) di Babel yang batal berangkat ke tanah suci menarik kembali uang pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji.

Penulis: Magang1
Editor: El Tjandring
Bangkapos.com/Cepi Marlianto
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Tumiran Ganefo. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Hingga kini belum ada satupun calon jemaah haji (CJH) di Bangka Belitung (Babel) yang batal berangkat ke tanah suci menarik kembali uang pelunasan (refund) Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) yang telah dibayarkan.

"Sampai saat ini belum ada laporan CJH yang menarik uang pelunasan dari Kemenag Kabupaten/Kota masing-masing," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Tumiran Ganefo di Pangkalpinang, Selasa (8/6/2021).

Tumiran mengatakan, setidaknya ada sebanyak 1.065 CJH asal Babel yang urung berkunjung ke Arab Saudi guna menunaikan ibadah haji 2021.

Semuanya, telah melengkapi persyaratan administrasi dan siap untuk diberangkatkan tahun ini.

"Untuk yang batal berangkat tahun ini akan diberangkatkan pada tahun berikutnya," jelas Tumiran.

Meskipun tak ada CJH yang melakukan refund, pada tahun 2020 kemarin setidaknya ada 16 calon jemaah yang menarik kembali uang pelunasannya.

Lebih lanjut, apabila ada CJH yang menarik dana Bipih jemaah tersebut tetap terdaftar dalam kuota dan cukup menyetorkan kembali uang pelunasan ketika ada pemberangkatan haji.

Sebab, dana yang ditarik hanya uang pelunasan bukan melainkan uang pokok pendaftaran pemberangkatan haji.

"Ini adalah cobaan bagi kita semua, Allah memiliki rencana lain mengenai hal ini, saya minta jemaah untuk sabar terlebih dahulu," tukas Tumiran.

(Bangkapos.com/Cepi Marlianto)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved