Breaking News:

Berita Bangka Tengah

PPDB Secara Online, Orangtua Siswa Mengaku Bingung 

Penerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat sekolah dasar (SD) di Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) telah di buka secara efektif mulai hari ini,

bangkapos.com
Kepala Dinas Pendidikan Bangka Tengah Iskandar. (bangkapos.com/Sela Agustika) 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Penerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat sekolah dasar (SD) di Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) telah di buka secara efektif mulai hari ini, Selasa (8/6/2021).

Diketahui bagi orang tua siswa di Wilayah Bangka Tengah (Bateng) yang ingin mendaftarkan anaknya bisa langsung membuka aplikasi sistem penerimaan peserta didik (Seperadik) atau website http://seperadik.bangkatengahkab.go.id/

Namun penerapan pendaftaran secara online ini membuat para orang tua masih kebingung untuk mendaftarkan anaknya. Hal ini pun dirasakan oleh Diah, Warga Kelurahan Arung Dalam Bangka Tengah.

"Penerimaan peserta didik secara online ini kita masih bingung, karena baru kan,  apalagi saya baru pertama kalinya mendaftarkan anak sekolah dan langsung online," kata Diah saat mendatangi SD N 8 Koba untuk mendaftarkan anaknya, Selasa (8/6/2021).

Ia menilai pendaftaran PPDB secara online ini lebih ribet dibandingkan secara langsung seperti tahun sebelumnya.

"Online ini lebib ribet lah, belum lagi kadang juga handphone kita yang tidak memadai, trus harus upload data, foto dan lainnya jadi kita bingung," kata Diah.

Hal senada juga di sampaikan oleh Fitri Warga Kelurahan Arung Dalam. Ia juga merasakan bahwa penerimaan sistem online ini lebih ribet dibandingkan pendaftaran secara langsung.

"Sebelumnya saya juga pernah mendaftarkan anak masuk pesantren, tetapi waktu itu banyak berkas yang harus diupload, baik itu foto dan lainnya, belum lagi ada kendala di handphone, akses masuk, jaringan dan lain. Jadi kalau saya ribet online dan mending secara langsung saja pendaftarannya," tambah Fitri.

Namun ia merasa bersyukur karena pihak sekolah melayani dan membantu para orang tua untuk mendaftarkan anaknya.

"Alhamdulillah pihal sekolah bantu melayani kita (orangtua -red) untuk mendaftarka  anaknya, karena tidak semua orang juga bisa menggunakan handphone androit ini," katanya.

Kepala Dinas Pendidikan Bangka Tengah, Iskandar mengatakan, pihaknya memasatikan semua siswa akan terfasilitasi pendidikan.

"Tenang saja pokoknya meski ada kendadala dalam pendaftarannya, baik itu kesalahan NIK yang ditolak, maka kita minta orang tua untuk mengurus dulu ke terlebih Dukcapil. Tetapi kita pastikan semua anak-anak ini harus sekolah dan mendapat pendidikan," kata Iskandar.

Ia menyebutkan, dalam mengantisipasi kesiapan server agar akses tidak membludak, pihaknya pun berupaya untuk melakukan pendaftaran secara bertahap  yang dimulai dari tingkat SD dan dilanjutkan SMP.

"Jadi kita mulai SD dulu pendaftarannya dan untuk SMP nanti kita mulai Tanggal 18 Juni," katanya.

Ia pun berharap sistem PPDB online yang dilakukan melalui aplikasi atau Website Seperadik ini bisa berjalan secara baik dan lancar. (Bangkapos.com/Sela Agustika)

Penulis: Sela Agustika
Editor: Fery Laskari
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved